Menu

Wajib Tahu, Ini 5 Bahaya yang Mengintaimu Jika Terlalu Banyak Mengonsumsi Garam Moms, Terakhir Bisa Picu Kematian, Stop!

19 Januari 2023 13:08 WIB
Wajib Tahu, Ini 5 Bahaya yang Mengintaimu Jika Terlalu Banyak Mengonsumsi Garam Moms, Terakhir Bisa Picu Kematian, Stop!

Garam. (Pixabay/Bruno Germany)

HerStory, Jakarta —

Masakan akan terasa hambar jika tak ada garamnya. Selain menambah rasa masakan, garam memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh Moms. Mulai dari menjaga keseimbangan elektrolit, mengatur tekanan darah, serta mempertahankan kontraksi otot.

Meski begitu, ada pula bahaya yang mengintaimu jika terlalu banyak mengonsumsi garam. Perlu diingat, bahwa batas maksimal konsumsi garam per hari untuk wanita dan pria dewasa adalah 1500 mg menurut Angka Kecukupan Gizi (AKG).

Nah, berikut 5 dampak berbahaya saat jika mengonsumsi garam berlebihan untuk kesehatan seperti dilansir dari Hello Sehat pada Kamis (19/1/2023).

1. Muncul kantong mata

Jangan sepelekan, ternyata mengonsumsi garam berlebihan dapat menyebabkan penumpukan cairan. Efeknya, kelebihan air bisa menimbulkan bengkak di wajah dan tubuh.

Seperti diketahui, bahwa pada pagi hari seusai bangun tidur wajah akan terlihat bengkak. Bagian kulit yang tipis di sekitar mata berisiko lebih tinggi mengalami bengkak. Hal inilah penyebab munculnya kantong mata.

Oleh sebab itu, batasi atau hindari mengonsumsi makanan kemasan tinggi garam. Selain itu, minum air putih yang banyak untuk membantu mengeluarkan natrium yang berlebih.

2. Sering buang air kecil

Salah satu efek buruk kebanyakan makan garam, yakni bisa membuat sering buang air kecil (poliuria). Pasalnya, saat mengonsumsi garam berlebih, akan memaksa ginjal bekerja lebih keras untuk mengeluarkan garam lewat urine.

Oleh sebab itu, dampaknya akan berujung pada meningkatnya frekuensi buang air kecil.

Baca Juga: Duh Ngeri... Tekanan Darah Bisa Meroket ke Level ‘Tingkat Tinggi' Jika Kita Melakukan Kebiasaan Buruk yang ‘Sepele’ Ini Beauty!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.