Menu

Gak Bikin Kantong Jebol, 3 Penyakit Kronis Ini Auto Jebol Jika Beauty Rutin Konsumsi Rebusan Daun Sirih, Intip Yuk!

19 Januari 2023 14:00 WIB
Gak Bikin Kantong Jebol, 3 Penyakit Kronis Ini Auto Jebol Jika Beauty Rutin Konsumsi Rebusan Daun Sirih, Intip Yuk!

Daun sirih.(Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Manfaat daun sirih untuk kesehatan sudah tidak diragukan lagi. Ya, daun sirih mengandung rendah kalori dan rendah lemak. Per 100 gram daun sirih hanya mengandung 44 kalori dan 0,4-1 persen lemak, saja Moms.

Nah, berikut beberapa manfaat daun sirih bagi kesehatan, yang wajib Moms pahami seperti dilansir dari laman Hello Sehat, Kmais (19/1/2023).

1. Obat radang prostat

Daun sirih merah, khususnya, bisa kamu jadikan alternatif untuk mengobati masalah peradangan prostat. Daun sirih merah mengandung antioksidan tanin dan saponin, serta zat aktif hydroxychavicol yang membantu memperbaiki sel-sel di kelenjar prostat agar dapat kembali berfungsi seperti biasa.   

Caranya yaitu dengan merebus 3 sampai 5 lembar daun sirih merah yang masih muda dan minum air rebusan daun sirih tersebut sebanyak 3 kali sehari.

2. Menurunkan kolesterol dan tekanan darah

Antioksidan eugenol di dalam tubuh bekerja melawan radikal bebas pemicu stres oksidatif penyebab berbagai penyakit kronis. Nah, salah satu manfaat daun sirih yang terkait hal ini adalah menurunkan kadar tigliserida dan kolesterol LDL, lemak jahat dalam tubuh.

Untuk membantu dengan tekanan darah tinggi, kamu bisa mencoba rebus 3-4 lebar daun sirih merah dan minum air rebusan daun sirih tersebut untuk dua kali sehari, Moms.

Baca Juga: Cuma Mitos? Ternyata Mengonsumsi Daun Sirih Gak Bikin Rahim Kering Moms, Ini Fakta yang Dikuak Dokter Boyke!

Baca Juga: Meski Bisa Jaga Kebersihan Miss V, Terlalu Sering Pakai Daun Sirih Ternyata Bisa Timbulkan Efek Samping Ini

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Sri Handari