Menu

Waduh! Masih Banyak yang Gak Tahu, 4 Kebiasaan Ini Justru Bisa Merusak Gigi dan Picu Bau Mulut Moms, Nomor Tiga Sering Dilakukan Nih

19 Januari 2023 17:20 WIB
Waduh! Masih Banyak yang Gak Tahu, 4 Kebiasaan Ini Justru Bisa Merusak Gigi dan Picu Bau Mulut Moms, Nomor Tiga Sering Dilakukan Nih

Ilustrasi seorang wanita menyikat gigi (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Gigi berlubang dan bau mulut menjadi masalah yang paling banyak dialami setiap orang. Berdasarkan Hasil Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) tahun 2018 menunjukkan proporsi masalah gigi dan mulut di Indonesia masih tergolong besar dengan tingkat persentase sebesar 57.6 persen.

Melansir dari laman Genpi, Kamis (19/1/2023), drg. Fanny Anduari kebiasaan tidak menyikat gigi secara teratur sejak kecil dapat terbawa hingga dewasa dan memberi dampak bagi kesehatan gigi, Moms.  Selain itu terdapat kesalahan tertentu yang dilakukan orang saat menyikat gigi.

Tanpa disadari, kebiasaan ini bisa memicu masalah gigi. Apa Saja?

1. Salah memilih sikat gigi

Kesalahan dalam memilih sikat gigi dapat merusak gigi. Bulu sikat yang keras atau sedang dapat mengikis lapisan gigi yang sehat. Cek sikat gigimu Moms!

2. Menggunakan pasta gigi anti-sensitivitas atau pemutih permanen

Kesalahan umum lainnya adalah menggunakan pasta gigi yang mengandung obat untuk gigi sensitif. Pasta gigi untuk gigi sensitif memang mampu menghilangkan gejala seperti ngilu.

Tetapi tidak dapat mengatasi masalah tersebut dan rentan membuat gigi berlubang, penyakit gusi dan bau mulut. Komponen utama dari pasta gigi khusus untuk gigi sensitif adalah mengobati sensitivitas dan mencerahkan warna gigi.

Baca Juga: Ngeri! 4 Bahaya Mengancam Jika Sering Bertukar Sikat Gigi, Please Jangan Lakuin Lagi Ya

Baca Juga: Masih Banyak yang Salah, Ternyata Menurut Dokter Sikat Gigi Gak Boleh Setelah Cuci Muka Lho! Tiati Bisa Sebabkan...

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di GenPI

Konten Sindikasi: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Oleh: Sri Handari