Menu

Waspada Moms! Ribuan Kasus Penyakit Campak di Indonesia Merebak, Berikut Hal Penting soal Penyakit Paling Menular di Dunia Ini

20 Januari 2023 09:35 WIB
Waspada Moms! Ribuan Kasus Penyakit Campak di Indonesia Merebak, Berikut Hal Penting soal Penyakit Paling Menular di Dunia Ini

Ilustrasi campak. (Folhavitoria/Edited By HerStory))

HerStory, Jakarta —

Mom, penyakit campak merupakan salah satu jenis penyakit infeksi saluran pernapasan menular yang disebabkan oleh virus dari keluarga paramyxovirus. Biasanya penyakit ini ditandai dengan munculnya ruam kulit di seluruh tubuh.

Kasus ini kembali merebak di Indonesia, yang mana ditemukan sebanyak 3,341 kasus di 31 Provinsi. Jelas hal ini menjadi tanda siaga khususnya bagi Moms untuk mengenali gejala agar anak mendapatkan penanganan yang tepat untuk mengatasi salah satu penyakit yang paling menular di dunia ini.

Meski penyakit ini umum terjadi, bukan berarti dapat diabaikan, Moms. Penanganan yang gak tepat dapat menyebabkan kematian pada pasien.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan bahwa 95 persen kematian akibat campak terjadi di negara berkembang dengan pendapatan per kapita yang rendah. Apalagi, infrastruktur kesehatan yang gak memadai juga menjadi penyebab kematian akibat penyakit ini.

Risiko terserang campak semakin tinggi jika seseorang belum mendapatkan vaksinasi. Selain itu, kekurangan vitamin A juga dapat menyebabkan gejala campak dan komplikasi yang parah, lho.

Penularan campak terjadi lewat air liur, bisa saat penderita bersin atau batuk. Jika ada yang menghirup percikan tersebut, maka dapat tertular. 

Virus yang ada dalam air liur bertahan selama beberapa jam dan mudah menempel pada benda. Oleh karena itu, potensi tertular juga ada jika seseorang yang sehat menyentuh benda yang terkontaminasi, Moms.

Baca Juga: Moms Harus Tahu, Ini Tanda-tanda Campak Segera Sembuh, Pahami Ya!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.