Menu

3 Gejala Penyakit Campak yang Terjadi Secara Bertahap, Waspadai Gejalanya pada Anak

20 Januari 2023 18:15 WIB
3 Gejala Penyakit Campak yang Terjadi Secara Bertahap, Waspadai Gejalanya pada Anak

Ilustrasi bintik-bintik merah campak pada anak. (Shutterstock/Prostock-studio)

HerStory, Bandung —

Baru-baru ini, penyakit campak kembali ramai menghampiri anak-anak. Campak sendiri merupakan penyakit infeksi saluran pernapasan yang sangat menular. 

Pasalnya, penyakit ini juga bisa berdampak fatal, utamanya pada bayi hingga orang dewasa yang belum mendapatkan imunisasi campak rubella.

Bahaya penyakit yang disebabkan infeksi paramyxovirus ini dapat memicu komplikasi komplikasi serius, seperti diare, radang paru (pneunomia), radang otak (ensefalitis), kebutaan, gizi buruk, sampai kematian.  

Oleh karena itu, Moms wajib mengetahui apa saja gejala campak secara berhatap. Ada beberapa gejala campak yang khas dan muncul dari hari ke hari, diantaranya: 

Gejala mirip flu 

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), pada awal terkena campak atau sekitar tiga hari pertama, penderita akan merasakan sakit mirip flu. 

Ciri-ciri ini juga disertai dengan adanya demam tinggi yang bisa sampai 40 derajat celcius, batuk pilek, mata kemerahan, dan berair.

Baca Juga: Moms Harus Tahu, Ini Tanda-tanda Campak Segera Sembuh, Pahami Ya!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.