Menu

Waspada Moms! Campak Bisa Jadi Pemicu Komplikasi Penyakit Kronis, Ini yang Harus Dilakukan...

25 Januari 2023 11:20 WIB
Waspada Moms! Campak Bisa Jadi Pemicu Komplikasi Penyakit Kronis, Ini yang Harus Dilakukan...

Ilustrasi campak. (Folhavitoria/Edited By HerStory))

HerStory, Jakarta —

Moms, campak merupakan penyakit infeksi saluran pernapasan yang bisa menular. Penyakit ini ditandai dengan ruam kulit di seluruh tubuh dan gejala seperti flu.

Campak umumnya disebabkan oleh virus. Penyakit ini juga paling sering terjadi pada anak-anak dan bisa menjadi pemicu komplikasi masalah kesehatan lain yang berakibat fatal.

Jika campak sudah menimbulkan komplikasi, maka dampaknya bisa menyebabkan diare berat hingga kematian. Hal tersebut disampaika oleh Direktur Pengelolaan Imunisasi Kementerian Kesehatan dr. Prima Yosephine, MKM.

“Komplikasi campak ini umumnya berat, kalau campak mengenai anak yang gizinya jelek maka anak ini bisa langsung disertai komplikasi seperti diare berat, pneumonia, radang paru, radang otak, infeksi di selaput matanya sampai menimbulkan kebutaan. Ini yang kita khawatirkan,” ujar dr. Yosephine, saat konferensi pers perkembangan kasus campak beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Duh Jangan Disepelekan! 6 Komplikasi Campak Ini Bisa Akibatkan Penyakit Berat

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.