Menu

Hari Gizi Nasional: Saatnya Melek Soal Kebutuhan Nutrisi Tubuh Yuk Moms! Ini Hal yang Harus Kamu Cermati pada Tabel Gizi Makanan Kemasan

26 Januari 2023 09:20 WIB
Hari Gizi Nasional: Saatnya Melek Soal Kebutuhan Nutrisi Tubuh Yuk Moms! Ini Hal yang Harus Kamu Cermati pada Tabel Gizi Makanan Kemasan

Ilustrasi wanita membaca label gizi jus kemasan (Shutterstock/Edited By HerStory)

HerStory, Jakarta —

Setiap orang memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda-beda, ya Moms. Dalam peringatan Hari Gizi Nasional yang diperingati setiap tanggal 25 Januari ini menjadi pengingat untuk kita semua agar lebih memperhatikan asupan nutrisi yang kita makan.

Apalagi jika kamu sering membeli makanan kemasan. Sebenarnya, kamu bisa melihat tabel gizi pada kemasan makanan tersebut Moms. Salah satu yang harus diperhatikan adalah informasi nilai gizi, khususnya kandungan gula, garam dan lemak di kemasan makanan dan minuman. 

Hal ini perlu dilakukan agar terhindar dari dampak kelebihan berat badan hingga berpotensi obesitas yang berisiko prediabetes dan diabetes. Melansir dari laman Genpi, Kamis (26/1/2023), Head of Marketing Nutrifood Susana mengatakan pembatasan konsumsi gula, garam, dan lemak sesuai anjuran Kementerian Kesehatan RI berperan penting sebagai pencegahan risiko prediabetes dan diabetes terutama bagi orang dengan obesitas.

Sementara itu, Direktur Gizi Masyarakat Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Dhian Dipo memaparkan saat ini Indonesia mengalami beban ganda mengenai masalah gizi. Berdasarkan Riskesdas 2018, kekurangan gizi makro seperti stunting (pendek) dan wasting (kurus) pada anak balita masih tinggi yaitu masing-masing sebesar 30,8 persen dan 10,2 persen.

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.