Menu

Meskipun Baunya Menyengat, Ternyata Terasi Memiliki Segudang Manfaat untuk Kesehatan Lho Moms, Pastikan Kamu Mengonsumsinya Ya

26 Januari 2023 10:15 WIB
Meskipun Baunya Menyengat, Ternyata Terasi Memiliki Segudang Manfaat untuk Kesehatan Lho Moms, Pastikan Kamu Mengonsumsinya Ya

Ilustrasi sambal terasi. (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Terasi menjadi salah satu bumbu dapur yang nggak banyak diminati lantaran memiliki aroma yang menyengat. Padahal, bumbu masakan yang terbuat dari udang atau ikan ini memiliki rasa dan aroma yang sedap dan menggugah selera. 

Umumnya, terasi dipakai sebagai bahan utama untuk membuat sambal. Terasi sungguh sangat dapat menyempurnakan rasa sambal. Saat ini, ada beberapa produk terasi menjadikan udang sebagai bahan baku utama.

Di mana udang merupakan salah satu makanan laut yang kaya nutrisi, Moms. Udang merupakan sumber protein, serta vitamin D dan B. Udang juga makanan yang mengandung sedikit lemak jenuh.

Dalam proses pembuatannya, terasi juga terkadang ditambahkan sebagai bahan pewarna agar tampilannya menjadi lebih menarik. Hanya saja, tidak semua pewarna tersebut berasal dari bahan alami. 

Berdasarkan hasil tes, produk terasi dan bahan pewarna merah yang digunakan positif mengandung Rhodamin-B. Menurut situs resmi BPOM, Rhodamin-B merupakan zat warna golongan xanthenes dyes yang digunakan pada industri tekstil dan kertas, atau dengan kata lain Rhodamin-B merupakan pewarna kain dan kertas.

Masih dari sumber yang sama, Rhodamin-B termasuk bahan yang berbahaya bagi kesehatan. Tidak hanya itu, saat melakukan pemeriksaan, BPOM juga mendapati kondisi ruangan produksi terasi pada pabrik tersebut sangat kotor dan bau.

Baca Juga: Catat! Ini Moms Bahaya dan Manfaat Terasi Bagi Kesehatan Tubuh, Enak Sih tapi Bisa Bikin...

Baca Juga: Bagi Tips Cara 'Usir' Bau Terasi dari Rumah, Aksi Wanita Ini Bikin Netter Kaget: Kok Kayak...

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Sri Handari