Menu

Diabetesi Tak Perlu Takut Konsumsi Madu, Khasiatnya Ampuh Kendalikan Kadar Gula Darah Moms, Intip 3 Manfaatnya Lainnya Yuk!

07 Februari 2023 19:26 WIB
Diabetesi Tak Perlu Takut Konsumsi Madu, Khasiatnya Ampuh Kendalikan Kadar Gula Darah Moms, Intip 3 Manfaatnya Lainnya Yuk!

Madu. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Moms tentu sudah familiar dengan madu, bukan? Banyak orang memanfaatkannya untuk menjaga stamina tubuh. Ini karena kandungan di dalamnya yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

Kandungan utama madu yaitu air dan gula alami yang juga terkandung dalam gula pasir biasa, yaitu glukosa dan fruktosa. Selain itu, madu diperkaya oleh sejumlah nutrisi penting mulai dari vitamin B, vitamin C, asam amino, sederet enzim, mineral seperti magnesium dan kalium, hingga antioksidan flavonoid.

Dengan banyaknya kandungan di dalamnya, madu dipercaya mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan serius, seperti:

1. Menjaga tekanan darah

Salah satu cara untuk menjaga tekanan darah pada angka normal, yakni mengganti gula pada teh dengan madu. Seperti diketahui, bahwa tekanan darah tinggi dapat berisiko menimbulkan berbagai masalah kesehatan.

Pasalnya, madu tinggi antioksidan, seperti asam fenolik dan flavonoid. Kandungan tersebut dapat membantu menjaga dan menurunkan tekanan darah.

2. Menjaga kadar gula darah

Madu merupakan sumber karbohidrat kompleks yang tidak mudah dipecah oleh tubuh, sehingga hal tersebut tidak menaikkan gula darah secara drastis seperti gula pasir biasa. Hal tersebut berarti, bahwa madu dapat menyediakan energi yang lebih tahan lama daripada gula pasir.

Berdasarkan penelitian,angka indeks glikemik madu pun umumnya hanya berada antara 45-64. Jika ingin membuat teh pakai madu, pilihlah madu mentah yang berwarna agak gelap dan teksturnya lebih kental.

Pasalnya, madu mentah umumnya mengandung lebih banyak nutrisi, enzim, dan antioksidan yang bisa menguntungkan tubuh.

Baca Juga: Penderita Diabetes Bahagia, Ini Rekomendasi Es Krim yang Bisa Disantap Tanpa Takut Gula Darah Naik, Rendah Karbohidrat Juga Lho!

Baca Juga: Diabetes Minggat, Ternyata Jahe Bisa Jadi Obat Mujarab Hempas Penyakit Kronis! Gimana Sih Cara Konsumsinya?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di GenPI

Konten Sindikasi: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Oleh: Sri Handari

Artikel Pilihan