Istilah overthinking emang lagi booming banget ya akhir-akhir ini. Kegiatan yang biasanya dilakukan di malam hari ini ternyata relate banget sama banyak orang. Terkadang malam hari yang sepi bikin kita yang sebenernya udah mau tidur jadi kepikiran hal lain. Kalau udah kaya gitu mengganggu banget ya. Apalagi kalau pikiran itu jadi berlarut-larut, ngga bisa tidur, atau bahkan sampai mengganggu aktivitas sehari-hari.  Sebaiknya dikurang-kurangi ya Beauty mulai sekarang. 

Nah daripada kepikiran tentang hal lain, Beauty pernah ngga sih penasaran overthinking itu ada jenisnya? Kajian tentang overthinking ini ternyata dibahas dalam ilmu psikologi. Overthinking ini juga ada berbagai jenisnya lho! Jadi ngga cuma overthinking aja. Ada 5 jenis overthinking, kira-kira Beauty masuk yang mana ya? 

1. Cemas 

Beauty suka khawatir sama apa yang akan terjadi di masa datang? Bukan berarti masa datang ini jauh ya. Mungkin Beauty pernah kepikiran besok presentasi akan berjalan lancar atau ngga, apa ada teman yang menjelekkan hasil presentasimu, atau atasan ngga suka sama apa yang udah kamu tampilkan. Kalau iya, Beauty masuk overthinking jenis cemas. Kecemasan akan selalu menghantui pikiran, terutama tentang hal yang Beauty takutkan. Padahal sebenarnya belum tentu apa yang kita pikirkan juga akan terjadi.  

2. Ragu-Ragu 

Baca Juga: 3 Keuntungan Punya Pasangan Si Overthinker, Mampu Mencintaimu Sepenuh Hati!

“Aduh bingung banget aku harus gimana”. Beauty mungkin pernah terjebak di situasi atau pilihan yang sulit. Tapi kalau Beauty terus-terusan susah mengambil keputusan, mungkin Beauty punya overthinking jenis ragu-ragu. Keragu-raguan dalam membuat pilihan ini biasanya terjadi karena takut kalau pilihan yang dipilih ngga sesuai dengan ekspektasi atau takut akan ada hal buruk yang terjadi. Bagi sebagian orang, membuat pilihan adalah hal yang sulit. Memang setiap pilihan itu ada risikonya, dan mau ngga mau kita harus mengambilnya. Jangan takut untuk membuat keputusan ya Beauty. Hidup ngga semengerikan yang kamu kira kok.