Menu

Ngerasa Kontraksi Padahal Ngga Ada Apa-apa? Yuk Kenali Kontraksi Palsu yang Bisa Terjadi Kapan Aja

Laksmi Pradipta Amaranggana
23 Desember 2020 08:30 WIB
Ngerasa Kontraksi Padahal Ngga Ada Apa-apa? Yuk Kenali Kontraksi Palsu yang Bisa Terjadi Kapan Aja

Ibu Hamil yang se)dang tidur (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Purwokerto —

Sebagai bumil, Moms mungkin pernah ngerasa tiba-tiba kontraksi. Pasti Moms panik banget kalau ngerasa kontraksi mendadak. Berbagai persiapan buat segera ke rumah sakit juga udah disiapkan. Pas udah ribet, ternyata perutnya ngga terjadi apa-apa. Kejadian seperti itu disebut dengan kontraksi palsu atau dalam bahasa medis disebut Braxton Hicks.

Kontraksi ini yang bikin Moms sebel karena mengecoh tanda kelahiran yang sebenarnya. Pola kontraksi palsu ini juga ngga jelas, bisa hilang dan muncul di waktu yang ngga ditentukan. Biasanya Moms merasakan gejala ini saat mulai trimester kedua atau usia kehamilan 6 bulan. Tapi, kontraksi palsu lebih sering dirasakan saat trimester akhir atau mendekati persalinan. Kebayang ngga tuh rasanya diprank sama perut sendiri.

Sama seperti kontraksi melahirkan, kontraksi palsu membuat perut terasa mengencang tapi dengan durasi yang lebih singkat sekitar 30-60 detik. Bagi sebagian Moms kontraksi ini bisa terasa sakit atau justru tidak berasa sama sekali. Anehnya lagi, kontraksi palsu bisa berhenti kalau Moms berganti posisi atau beraktivitas lain. Braxton Hicks juga ngga memunculkan adanya bercak darah yang biasanya dialami ketika kontraksi melahirkan.

Halaman: