Menu

Kasus DBD Tinggi di Awal 2023, Begini Cara Alami Ampuh Usir Nyamuk dari Rumah Kita Moms, Wajib Tahu Nih!

15 Februari 2023 05:30 WIB
Kasus DBD Tinggi di Awal 2023, Begini Cara Alami Ampuh Usir Nyamuk dari Rumah Kita Moms, Wajib Tahu Nih!

Nyamuk sedang menghisap darah di kulit manusia. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Demam berdarah dengue (DBD) menjadi menjadi slaah satu penyakit musiman yang banyak diderita orang di musim penghujan seperti sekarang ini. Bahkan, kasus DBD di awal 2023 dikabarkan meningkat di sejumlah daerah di Indonesia Moms.

Perlu diketahui, DBD merupakan penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypti. Nyamuk tersebut membawa virus yang kemudian ditularkan ke manusia lewat gigitan.

Nah, berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengusir nyamuk dari rumah, antara lain:

1. Jaga agar Rumput Tetap Rata dan Rapi

Biasanya, nyamuk penyebab malaria lebih suka menggigit manusia pada mata kaki dan lutut, dan nyamuk penyebab demam berdarah biasanya menggigit pergelangan kaki dan siku.

Nyamuk juga berkeliaran di sekitar vegetasi dataran rendah di siang hari karena mereka tertarik pada tingkat kelembaban yang lebih tinggi. Memungkinkan nyamuk bertahan hidup pada suhu siang hari.

Untuk itu, penting agar rumput Anda dipotong dan rata. Anda juga bisa menanam tanaman pengusir nyamuk seperti peppermint, basil atau tulsi, lavender, dan rosemary di pekarangan rumah.

2. Pastikan Saluran Air Bersih dan Tidak Ada Genangan

Air yang tergenang merupakan tempat berkembang biaknya nyamuk. Periksa selokan apakah ada penyumbatan air dan bersihkan puing-puing untuk memastikan tidak ada sisa air di dalamnya.

Pastikan balkon dan taman memiliki lantai yang kering dan tidak memiliki genangan air kecil. Jika ada genangan air di rumah, taburkan beberapa bubuk kopi bekas di atasnya.

Aroma dan khasiat kopi yang menyengat diketahui dapat mengusir tidak hanya nyamuk, tetapi juga serangga lain seperti tawon dan lebah.

Baca Juga: Nyamuk Mulai Datang karena Musim Hujan? Ini 7 Tanaman yang Ampuh untuk Mengusirnya, Moms Wajib Tanam di Pekarangan Rumah Nih!

Baca Juga: Rumah Rentan Disusupi Nyamuk Saat Musim, Moms Harus Tahu Nih Cara Efektif Mengusirnya agar Terhindar dari Penyakit!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.