Menu

Beauty, Jangan Sering Pakai Make Up Kadaluarsa Ya, Ini 4 Bahayanya

Laksmi Pradipta Amaranggana
30 Desember 2020 12:45 WIB
Beauty, Jangan Sering Pakai Make Up Kadaluarsa Ya, Ini 4 Bahayanya

ilustrasi kulit kusam (Healthysimple/Edited by HerStory)

HerStory, Purwokerto —

Moms tipe orang yang suka pakai make up? Emang make up bisa bikin kita lebih percaya diri ya. Selain itu, make up juga bisa jadi self-treatment atau kita bisa pakai make up untuk kesenangan diri sendiri. Beberapa Moms bahkan rela meluangkan waktu untuk berdandan setiap harinya. Nah bagi Moms yang suka banget dandan, mulai sekarang harus lebih memperhatikan make up yang dimiliki ya. Moms harus mencatat tanggal kadaluarsa setiap make up yang dipunya.

Biasanya, kadaluarsa make up dituliskan di wadahnya, plastik pembungkus, atau kotak pembungkus. Tanggal ini biasanya tertulis dengan jelas kapan produk ini harus dibuang. Kosmetik jenis ini tandanya menggunakan expired date sebagai patokan. Tapi beberapa kosmetik ada juga yang menggunakan Period After Opening (PAO) yang biasanya ditandai dengan logo wadah yang dibuka, lengkap dengan keterangan bulan. Kalau Moms menjumpai produk ini, mulai sekarang Moms harus mencatat kapan tanggal pertama produk dibuka hingga beberapa bulan kedepan untuk memperkirakan waktu kadaluarsa. 

Meskipun sudah dicatat, tapi masih ada Moms yang belum punya kesadaran tentang tanggal kadaluarsa. Alasannya meskipun telah melewati tanggal kadaluarsa, tapi kosmetik masih engga berubah tekstur, warna, dan baunya dan dianggap masih layak pakai. Ada juga yang punya alasan walaupun udah expired, tapi engga menimbulkan efek apa-apa di kulit. Wah kalau alasan ini dipakai terus bisa bahaya Moms. Kosmetik yang sudah kadaluarsa kandungannya berubah menjadi beracun. Disana ada banyak banget bakteri dan kuman yang bisa membahayakan kulit kalau terus-terusan dipakai. Nah kira-kira apa aja bahayanya kalau kita pakai kosmetik kadaluarsa? Yuk kita simak 4 bahaya menggunakan make up kadaluarsa.

1. Iritasi Kulit

Kulit tiba-tiba menjadi merah-merah dan sangat sensitif? Atau Moms mengalami reaksi alergi seperti rasa terbakar? Bisa jadi Moms iritasi kulit karena memakai kosmetik kadauarsa. Produk yang udah engga layak pakai biasanya punya kandungan bakteri yang tinggi. Bakteri jahat ini yang bereaksi dengan kulit dan bisa menimbulkan iritasi kulit. Mirisnya, iritasi ini bisa berbeda-beda tiap orangnya. Ada yang merasakan dampaknya secara langsung, tapi ada juga yang merasakan dampaknya secara perlahan. Iritasi ini bisa berbagai macam bentuknya seperti sensitifitas kulit meningkat, bintik-bintik merah, kemerahan, kulit serasa sangat panas, hingga mengelupas. Wah kalau sudah seperti ini bahaya banget Moms. Kita juga engga tahu iritasi kulit apa yang terjadi kalau kita masih pakai make up kadaluarsa.