Menu

Gak Kalah Enak, Ini 5 Alternatif Penyedap Pengganti MSG yang Bikin Makanan Lebih Sehat, Catat Moms!

01 Maret 2023 09:05 WIB
Gak Kalah Enak, Ini 5 Alternatif Penyedap Pengganti MSG yang Bikin Makanan Lebih Sehat, Catat Moms!

Kaldu Sapi (Instagram/astriayuliana)

HerStory, Jakarta —

Moms, MSG atau monosodium glutamate menjadi andalan sebagian besar orang untuk menyedapkan berbagai masakan. Namun tahukah Moms? Konsumsi MSG secara berlebih memiliki dampak negatif bagi tubuh, lho. 

Dampak negatif tersebut berupa kerusakan sel saraf, asma, obesitas, sakit kepala, hipertensi, kerusakan sel, hingga kerusakan ginjal, dan depresi. Bahkan, MSG bisa mengganggu serta menghambat kerja otak pada anak.

Menurut Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan asupan harian MSG yang dapat diterima oleh tubuh manusia 0-120 mg/kg berat badan. 

Nah Moms, untuk mencegah risiko kesehatan akibat MSG, lebih baik gunakan alternatif penyedap lainnya yang lebih sehat. Berikut ini alternatif penyedap alami yang gak kalah enak dari MSG, sebagaimana dikutip HerStory, melalui Substitute Cooking, Rabu (1/3/2023).

1. Kaldu Sapi

Agar mendapatkan penyedap terbaik untuk masakan, Moms bisa membuat kaldu sendiri dengan merebus tulang dan daging sapi disertai berbagai rempah sesuai selera. 

Kaldu sapi dapat meningkatkan cita rasa umami dalam makanan, mirip dengan MSG. Sebab, baik kaldu sapi maupun MSG mengandung glutamate yang tinggi,atau suatu asam amino protein daging. 

Baca Juga: Rasanya Bisa Berubah, 5 Bahan Alami Ini Ternyata Gak Bisa Disimpan di Kulkas, Catat!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan