Menu

Gak Nyangka... Sembelit Ternyata Bisa Ancam Kesehatan Anak, Ini Tips Mengatasi Konstipasi pada si Kecil Menurut Ahli, Catat Ya Moms!

17 Maret 2023 18:45 WIB
Gak Nyangka... Sembelit Ternyata Bisa Ancam Kesehatan Anak, Ini Tips Mengatasi Konstipasi pada si Kecil Menurut Ahli, Catat Ya Moms!

Ilustrasi seorang anak sakit perut. (Newhealthadvisor/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Moms, sembelit merupakan gangguan kesehatan yang cukup umum dialami oleh semua orang, tak terkecuali anak-anak. Penyakit ini dapat menyebabkan seseorang tak dapat melakukan BAB sehingga mengganggu kerja sistem pencernaan.

Kondisi ini juga bisa menyerang anak-anak dan menyebabkan rasa sakit dan tak nyaman pada area perut mereka. Anak yang mengalami sembelit mungkin menjadi sedikit rewel dan membuat kita sebagai orang tua khawatir.

Pasalnya, sembelit pada anak dapat ditandai dengan menurunnya jumlah BAB anak dalam seminggu (kurang dari 3 kali), kotoran atau feses anak terlihat keras, dan anak kesulitan atau mengejan pada saat BAB.

Sembelit mungkin tak terlihat serius pada awalnya, namun jika terus-terusan terjadi sembelit dapat berpotensi untuk menjadi penyakit yang cukup serius dan dapat menyebabkan kesehatan anak menjadi terancam.

Lantas apa penyebab sembelit pada anak?

dr. Arnold Soetarso, Sp.A, Dokter Spesialis Anak di Eka Hospital BSD, pun menjelaskan beberapa faktor yang bisa menyebabkan sembelit pada anak.

"Umumnya sembelit pada anak disebabkan oleh kurangnya asupan air putih, kurang serat, stres, alergi protein susu sapi dan jarang olahraga," jelas dr. Arnold.

Selain itu, efek samping dari obat-obatan tertentu juga bisa memicu sembelit pada si kecil, terutama jika mereka juga memiliki beberapa faktor seperti di atas.

Nah Moms, ternyata ada beberapa pertolongan pertama yang bisa kamu lakukan saat si kecil mengalami sembelit. Berikut ulasannya.

Baca Juga: Dokter Ungkap 2 Tipe Sembelit yang Sering Dialami Anak, Ini Bahayanya untuk Si Kecil Moms

Baca Juga: Suka Kesel karena Sering Sembelit, Yuk Simak Cara Mengatasinya, Benarkah Harus Banyak Buah dan Sayur?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.