Wabah COVID-19 mulai menjangkit hampir ke seluruh penjuru dunia. Di Indonesia sendiri, per 15 Maret 2020 diketahui sebanyak 117 penderita dinyatakan positif terjangkitnya virus corona. Dalam hal ini, menjaga imunitas tubuh itu sangat penting, Beauty. Selain makan-makanan yang bergizi, menghindari stres dan rajin berolahraga juga dapat meningkatkan sistem kekebalan atau imun tubuh. 

Meskipun hingga saat ini belum ditemukan obat penangkan virus corona. Namun, dengan menjaga sistem imun dalam tubuh dapat membantu melawan potagen yang menyebabkan penyakit.

Baca Juga: Tangkal Virus Corona, 5 Buah Ini Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh!

Ada berbagai cara yang dapay kamu lakukan untuk mendukung sistem imunitas tubub tetap stabil. Melansir dari laman The Sun, Senin (16/3/2020), berikut lima di antaranya:

Hindari stres

Beauty, kamu perlu tahu kalau stres dapat menekan sistem kekebalan tubuh dan membuatmu lebih rentan terhadap infeksi. Penelitian telah menemukan bahwa stres menyebabkan pelepasan hormon kortisol, yang dapat meningkatkan peradangan dalam tubuh.

Stres kronis juga dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk melawan infeksi sel darah putih. Sehingga membuatmu rentan terhadap penyakit. 

Ahli Imunologi ternama di Inggris, dr. Jenna Macciochi mengatakan, stres merupakan salah satu kontributor utama tehadap sistem kekebalan tubuh yang enggak seimbang dan rentan terhadap infeksi.

Konsumsi buah dan sayur

Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi buah dan sayur setiap hari. Hal ini sangat baik bagi sistem kekebalan tubuhmu, Beauty! 

Menurut Beth Warren, RD, pendiri Beth Warren Nutrition, buah dan sayur itu membantu mempersenjatai tubuh dengan antioksidan yang dibutuhkan untuk melawan stres oksidatif dan penularan penyakit lainnya.

Sayuran seprti umbi-umbian kaya akan beta-karoten yang dikonversi tubuh menjadi vitamin A. Vitamin A sangat dibutuhkan untuk menjaga mukosa di hidung dan paru-paru dan melawan infeksi. 

Baca Juga: Tangkal Virus Corona, 5 Buah Ini Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh!

Istirahat yang cukup

Kamu juga butuh istirahat yang cukup agar sistem kekebalan tubuh tetap terjaga. National Sleep Foundation menyarankan untuk memiliki waktu tidur yang cukup 7-8 jam setiap malamnya. Kurang tidur membuat tubuh enggak mampu melawan infeksi seperti biasanya. 

Jaga kebersihan tangan

Sejak virus corona mulai merebak di seluruh penjuru dunia, imbauan yang paling digencarkan ialah menjaga kebersihan tangan. Kamu perlu menjaganya agar tetap higenis dengan cara rutin mencuci tangan. 

Mencuci tangan setiap kali setelah menggunakan toilet, sebelum dan sesudah makan, serta sebelum dan sesudah melakukan apa pun yang mengandalkan tangan. 

Sesuai anjuran WHO, membersihkan tangan menggunakan air dan sabun selama 20-30 detik serta menggunakan hand sainitizer dengan berbasis alkohol hingga 70 persen. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjangkitnya virus corona.

Rajin olahraga

Agar tetap sehat, penting untuk rajin berolahraga secara teratur. Olahraga yang teratur akan mendukung sistem kekebalan pada tubuh.

"Karena berolahraga dapat membantu mendukung sirkulasi yang baik, ini memungkinkan sel-sel kekebalan tubuh melakuan perjalanan melalui tubuh secara lebih efektif," kata Frankie Brogan, Ahli Nutrisi Senior di Pharma Nord, United Kingdom.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Sports Medicine, orang yang berolahraga lima hari atau lebih dalam seminggu menghabiskan 46 persen lebih sedikit terkena virus flu atau pernapasan dibandingkan dengan mereka yang berolahraga hanya seminggu sekali atau enggak sama sekali. 

Semoga bermanfaat!

Ada jutaan anak yang terkendala belajar online karena keterbatasan akses internet. Ada banyak tenaga medis yang tidak dibekali APD lengkap. Mari kita sama-sama sukseskan kampanye #AmanDiRumah untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Donasi Anda akan disalurkan untuk membantu pengadaan APD dan fasilitas pendidikan online anak-anak Indonesia. Informasi soal donasi klik di sini.