Semua orang pasti menginginkan dirinya sehat jiwa dan raga. Mungkin sudah banyak masyarakat yang lebih perhatian terhadap kesehatan tubuhnya. Namun, hal yang sering luput dari perhatian kita adalah mengenai kesehatan mental.

Dilansir dari berbagai sumber (13/01/2021), studi yang dipublikasikan the American Psychological Association's Journal of Abnormal Psychology, mengungkap bahwa wanita lebih sering mengalami cemas dan depresi saat mengalami masalah. Sedangkan pria, lebih mungkin bisa mengatasi masalah yang datang di hidupnya.

Penyakit mental lebih sering menyerang wanita dibanding pria. Untuk itu, wanita harus lebih meberi perhatian terhadap kesehatan jiwanya. Maka, penting bagi wanita untuk mengetahui gangguan apa saja yang bisa dialami. Berikut adalah 4 jenis gangguan mental yang sering ditemukan pada wanita.

1. Cemas

Dari masa pubertas hingga usia 50 tahun, wanita lebih mungkin mengalami kecemasan dibanding pria. Gejala cemas terlihat seperti khawatir berlebih, tegang, kelelahan dan ketakutan.

Banyak faktor yang menjadi penyebabnya termasuk norma sosial budaya, hormon, dan stres. Berdasarkan penelitian di American Psychological Association's Journal of Abnormal Psychology, pria cenderung meluapkan emosi sementara wanita memilih memendamnya. 

Baca Juga: Hati-hati! Sulit Tidur Bisa Jadi Tanda Awal Kamu Alami Depresi