Menu

Kenapa Ya Setelah Makan Kita Malah Mengantuk?

14 Januari 2021 21:10 WIB
Kenapa Ya Setelah Makan Kita Malah Mengantuk?

Ilustrasi Wanita Sedang Menguap (Freepik/Cookie_Studio)

HerStory, Purwokerto —

Beauty, pernah gak sih ngerasa ngantuk setelah makan? Perut yang kenyang dan penuh bisa bikin kita ngantuk seketika. Ternyata itu tanda pola hidup yang enggak sehat dan juga makanan yang kita konsumsi lho. Langsung tidur setelah makan juga kebiasaan yang enggak baik buat kesehatan. Rasa ngantuk yang muncul setelah makan adalah respon dari tubuh terhadap perubahan kimia yang ada di dalam pencernaan. Meskipun respon ini normal, tapi kalau Beauty terlalu sering mengalaminya harus segera diperiksakan ke dokter ya.

Rasa ngantuk yang muncul setelah makan ini disebabkan karena pengaruh hormon selama proses mencerna makanan. Tubuh kita membutuhkan energi lebih untuk menjalankan fungsinya. Energi inilah yang kita dapatkan selama kita makan. Tubuh akan memecah zat gizi dari makanan untuk dijadikan glukosa yang kemudian diubah menjadi energi. 

Setelah makan, tubuh melepaskan hormon seperti hormon amilin, glukagon, dan kolesistokinin. Hormon-hormon itu biasanya meningkat setelah Beauty makan. Pada saat pencernaan melepaskan hormon tersebut, otak juga ikut mengeluarkan hormon serotonin yang menyebabkan rasa ngantuk.

Baca Juga: Sering Merasa Ngantuk Setelah Makan? Bisa jadi Ini Penyebabnya

Baca Juga: Sering Ngantuk saat Bekerja? Hilangkan dengan Cara Ini!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.