Masa kehamilan adalah masa-masa yang paling membahagiakan dan paling dinantikan oleh para wanita. Namun, tak sedikit juga para ibu hamil yang merasakan masalah pada tubuhnya, salah satunya adalah badan yang terasa pegal. Ketika badan sudah terasa pegal, sepertinya dipijat adalah pilihan yang sangat menarik. Eits, tapi tunggu dulu, kira-kira ibu hamil boleh melakukan pijat atau enggak ya?

Sebuah studi menyatakan bahwa pijat ibu hamil kemungkinan memiliki banyak manfaat positif, diantaranya adalah menurunkan ketegangan dan tingkat hormon stres, meringankan nyeri punggung dan kaki, memperbaki mood, dan juga membuat tidur lebih nyenyak. Namun perlu diingat, kondisi tubuh yang menjadi lebih sensitif tentu membuat para ibu hamil tak bisa melakukan pijat secara sembarangan. 

Sampai saat ini, banyak terapis pijat menghindari memijat ibu hamil yang masih berada di masa trimester pertama. Alasannya karena mereka takut akan terjadi keguguran. Akan tetapi para ahli pijat berpendapat, pijat kehamilan bukan lah penyebab keguguran, hal tersebut dilakukan untuk menghindari terjadinya hal yang tak diinginkan. Selain itu, pada trimester pertama biasanya ibu hamil masih sering mengalami mual dan muntah, sehingga dapat membuat kenyamanannya terganggu.

Baca Juga: Bumil Merapat! Ini Dampak Buruk Kekurangan Vitamin A, Salah Satunya dapat Memicu Keguguran