Para ibu sering kali tidur begadang karena pekerjaan yang menumpuk, anak rewel, atau bahkan karena memang Moms merasa sulit tidur. Rasanya Moms juga sudah tahu kalau begadang bisa menimbulkan efek negatif yang cenderung berbahaya bagi tubuh.

Begadang bisa membuat tubuh rentan terkena penyakit, karena waktu istirahat yang kurang cukup dan kualitas tidur yang kurang baik. Selain itu, Moms kepo nggak sih dengan apa yang terjadi pada tubuh kalau kita begadang?

Dilansir dari BustleĀ (19/01/2021), berikut adalah lima perubahan yang dialami tubuh ketika begadang.

1. Tubuh akan menyesuaikan diri

Menurut para peneliti, durasi tidur bukanlah satu-satunya faktor penting. Faktor lainnya yang mungkin tidak kita sadari adalah konsistensi.

Jika kita tidur dan bangun pada waktu yang sama selama sebulan, asalkan kualitas dan durasi tidurnya cukup baik, kemungkinan besar kita tidak akan menderita terlalu banyak masalah kesehatan karena tubuh akan menyesuaikan diri dengan jadwal tersebut.

Sebagian dari kita mungkin meyakini bahwa begadang bukanlah kebiasaan yang baik. Namun ternyata, jika dilakukan secara konsisten, tidur larut ternyata tidak selalu berdampak buruk bagi kesehatan.

Baca Juga: Minum Kopi Buat Begadang Emang Beneran Efektif? Maksimalkan Begadang dengan Caffeine Nap!