Menu

Peneliti Ungkap Deteksi Kanker Bisa Dilakukan dengan Mudah di Rumah, Yuk Intip Caranya Moms!

12 Mei 2023 15:04 WIB
Peneliti Ungkap Deteksi Kanker Bisa Dilakukan dengan Mudah di Rumah, Yuk Intip Caranya Moms!

Solidaritas peduli kanker payudara. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Rembang —

Kanker menjadi salah satu penyakit kronis yang membutuhkan biaya pengobatan tidak sedikit. Di awal perkembangannya, penyakit ini mungkin tidak menujukkan gejala apapun. Karenanya banyak penderita yang baru sadar jiak dia mengidap kanker saat sudah masuk di stadiun tertentu.

Nah, baru-baru ini, para peneliti dari Massachusettes Institute of Technology (MIT) di AS berhasil mengembangkan alat tes kanker sederhana yang bisa digunakan secara mandiri di rumah Moms.

Tes ini hanya membutuhkan sampel urine seperti tes kehamilan, lho. Dengan menggunakannya, kamu tak perlu datang ke rumah sakit dan menjalani prosedur pemindaian yang mahal itu.

Meski tesnya sederhana, teknologi tersebut cukup canggih karena mengandalkan keberadaan enzim yang spesifik. Dalam penelitian yang telah dipublikasikan di Nature Nanotechnology tersebut para peneliti mengembangkan jenis partikel nano baru dengan lapisan protein yang ditandai dengan serangkaian urutan DNA.

Ketiak enzim yang berhubungan dengan kanker bertemu dengan partikel nano dalam darah, mereka akan memotong protein yang spesifik untuk enzim tersebut Moms. Kemudian rangkaian yang terhubung dengan protein bisa dibaca seperti kode batang yang mengidentifikasi adanya kanker.

Baca Juga: Sempat Diisukan Meninggal, Kate Middleton Muncul Akui Idap Kanker Usai Konspirasi Keluarga Kerajaan Inggris Makin Brutal

Baca Juga: Rekomendasi 6 Makanan Sehat yang Bisa Turunkan Risiko Kanker, Ada Apel Beauty!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan