Menu

Gak Cuma Dialami yang Lanjut Usia, Anak Muda Juga Rentan Terkena Hipertensi, Pola Gaya Hidup Jadi Penyebab Utama!

22 Mei 2023 08:00 WIB
Gak Cuma Dialami yang Lanjut Usia, Anak Muda Juga Rentan Terkena Hipertensi, Pola Gaya Hidup Jadi Penyebab Utama!

Ilustrasi sindrom hipertensi jas putih. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Makanan cepat saji masih menjadi idola dan tren bagi masyarakat hingga saat ini. Apa kamu termasuk penikmat makanan instan, Beauty? 

Pasalnya, makanan siap saji memiliki ragam jenis yang bisa kita pilih sesuai selera. Sayangnya, makanan siap saji seperti junk food atau bernutrisi rendah, berisiko terhadap kesehatan. 

Sebut saja, seperti kolesterol yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Di mana gangguan kesehatan ini dianggap sepele oleh kaum milenial ataupun gen z. 

Dijelaskan oleh Dokter Spesialis Penyakit Dalam Eka Hospital Pekanbaru, dr. Hady, M.Med (Int.Med), Sp.PD,  anak muda jarang terkena hipertensi namun gak menutup kemungkinan. 

"Meski jarang terjadi pada kaum muda, hipertensi bisa menyerang kaum milenial atupun gen z akibat pola hidup dan mengonsumsi makanan gak sehat," jelas dr Hady lewat siaran persnya, Minggu (21/5/2023). 

Hipertensi merupakan kondisi tekanan darah pada tubuh melebihi batas normal. Kondisi normal tekanan darah dalam tubuh orang dewasa adalah kurang dari 140/90 mmHg. 

140 ini adalah nilai sistolik (saat jantung berkontraksi) kemudian 90 adalah diastolik (saat jantung berelaksasi). Sesuai level kategorinya hipertensi dibagi menjadi: 

  • Normal: Kurang dari 120/80, pertahankan gaya hidup 
  • Pre Hipertensi: 120-139 / 80-89, Diet, ubah gaya hidup, lakukan evaluasi bersama dokter spesialis selama 3- 6 bulan 
  • Hipertensi Stage 1: 140-159 / 90-99, Diet, terapi dengan 1 obat, kecuali jika ada risiko PKV (Penyakit Kardiovaskular) dan Diabetes Melitus 
  • Hipertensi Stage 2: Lebih dari 160/100, Diet, terapi dengan 2 obat 

Baca Juga: Bisa Menyebabkan Komplikasi Fatal, Intip Yuk Cara Menangani Hipertensi, Tiati Moms!

Baca Juga: Disebut The Silent Killer, 5 Komplikasi Serius Ini Bisa Diderita Beauty Jika Menderita Hipertensi

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan