Menu

Catat! 5 Makanan dan Minuman yang Gak Boleh Dikonsumsi Bersama Teh saat Sarapan

24 Mei 2023 05:00 WIB
Catat! 5 Makanan dan Minuman yang Gak Boleh Dikonsumsi Bersama Teh saat Sarapan

ilustrasi teh (Unsplash/Drew Taylor)

HerStory, Bekasi —

Siapa sih yang nggak suka minum teh? Teh menjadi salah satu minuman wajib di pagi hari bagi sebagian orang. Teh juga biasanya dikonsumsi bersama makanan gurih atau manis.

Namun, ternyata terdapat beberapa makanan dan minuman yang gak dikonsumsi boleh bersama teh. Perpaduan makanan pendamping teh memang gak bisa dipilih secara sembarangan. Ada beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya gak dikonsumsi bersama teh.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa makanan dan minuman yang gak boleh dikonsumsi bersama teh.

1. Yoghurt

Yoghurt atau olahan susu sapi lainnya yang melalui proses fermentasi tidak disarankan untuk dikonsumsi berdampingan dengan teh. Sebab yoghurt dan susu yang difermentasi memiliki kandungan asam yang dapat memicu gangguan pada perut dan pencernaan.

Penyakit diare dan produksi asam lambung hingga gas berlebih pada perut dapat menjadi akibat dari teh dipadukan dengan yoghurt. Jika tetap ingin mengonsumsi keduanya, berikan jeda yang panjang setidaknya selama 2 jam setelah konsumsi teh untuk mengonsumsi yoghurt atau sebaliknya.

2. Kunyit

Dikenal sebagai salah satu rempah yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, kandungan alami dalam kunyit dalam mengatasi inflamasi hingga memiliki manfaat antibakteri yang dapat diandalkan guna menjaga tubuh.

Namun, seperti susu dan kopi yang ternyata tidak bisa dikombinasikan dengan teh, kunyit juga demikian. Sebab teh memiliki kandungan tanin yang tidak bisa dipadukan dengan kurkumin pada kunyit. 

Jika kedua komponen tersebut bertemu, akan menimbulkan efek samping yang menyebabkan gangguan pada perut dan pencernaan.

Baca Juga: Waspada! Ini 5 Jenis Makanan yang Berbahaya Dikonsumsi dengan Kopi dan Teh, Nomor 3 Kesukaan Banyak Orang

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan