Menu

Agar Liburannya Aman, Vaksin Sangat Diperlukan Demi Kurangi Tertular Penyakit Berbahaya, Jangan Anggap Sepele Ya!

25 Mei 2023 13:00 WIB
Agar Liburannya Aman, Vaksin Sangat Diperlukan Demi Kurangi Tertular Penyakit Berbahaya, Jangan Anggap Sepele Ya!

Ilustrasi seorang wanita sedang vaksin HPV sebagai upaya pencegahan kanker serviks. (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Anak perusahaan PT Kalbe Farma Tbk, PT Kalventis Sinergi Farma (Kalventis) belum lama ini mengadakan kegiatan Kalbe Academia for Media.

Dalam kegiatan tersebut menjelaskan bahwa dari 100.000 orang pelaku perjalanan (traveler) ke negara berkembang selama satu bulan, sebanyak 50.000 orang di antaranya akan mengalami masalah kesehatan.

“Selain itu, 8.000 orang dari traveler tersebut akan membutuhkan tenaga kesehatan, 5.000 orang memerlukan istirahat ditempat tidur, 1.100 orang tidak bisa bekerja, 300 orang akan dirawat, 50 orang memerlukan evakuasi, dan satu orang kemungkinan meninggal dunia,” kata Dr.dr. Sukamto Koesnoe, Sp.PD-KAI, dalam acara Kalbe Academia for Media, Selasa (23/5/2023).

Dr Sukamto juga mengungkapkan bahwa penularan infeksi pada traveler terjadi melalui droplet atau airborne, makanan dan minuman yang terkontaminasi, vektor nyamuk, hubungan seksual, hingga zoonotik.

"Perilaku juga memainkan peran penting, misalnya pergi keluar rumah pada malam hari di daerah endemik malaria tanpa melakukan tindakan pencegahan untuk menghindari gigitan nyamuk, dapat menyebabkan wisatawan tersebut tertular malaria,” ungkap Dr Sukamto

Selain itu, transportasi umum seperti bus, pesawat dan kereta api, sering menjadi tempat  berkumpulnya banyak orang dalam waktu yang lama. Kondisi ini dapat memudahkan penularan penyakit.

“Apalagi penumpang transportasi umum seringkali menyentuh permukaan, seperti kursi, gagang pintu, atau pegangan tangan,” tambah Dr Sukamto.

Bahkan kerumunan juga berperan penting dalam persebaran penyakit infeksi, sehingga perlu diperhatikan ketika sudah banyak acara konser dan traveling di masa liburan.

Baca Juga: GSK Indonesia Bersama Kemenkes dan 4 Asosiasi Medis Tekankan Pentingnya Vaksinasi Lengkap Bagi Seluruh Kalangan Usia

Baca Juga: Cegah Penyakit Setelah Menikah, Ini Vaksin yang Wajib Beauty dan Pasangan Lakukan Sebelum Jadi Suami Istri, Cari Tahu Yuk!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Halaman:

Artikel Pilihan