Menu

Penderita Nyeri Lutut Gak Perlu Minum Obat, Dokter Lebih Baik Sarankan Hal Ini, Simak Baik-baik Yuk!

26 Mei 2023 12:45 WIB
Penderita Nyeri Lutut Gak Perlu Minum Obat, Dokter Lebih Baik Sarankan Hal Ini, Simak Baik-baik Yuk!

Ilustrasi alami nyeri lutut (Freepik/HelloSehat.com)

HerStory, Jakarta —

Beauty, seringkali kita berpikir harus mengonsumsi obat seumur hidup agar rasa sakit di lutut tak kambuh. Beruntungnya hal tersebut tak perlu kamu lakukan, Beauty.

Pasalnya, nyeri lutut berbeda dengan penyakit diabetes. Di mana penderitanya wajib mengonsumsi obat seumur hidup guna mengontrol kadar gula darahnya.

Spesialis rehabilitasi medik Arif Soemarjono menyebut penanganan kasus sakit lutut tak kunjung sembuh atau berulang tak harus minum obat seumur hidup seperti halnya pasien penyakit metabolik seperti diabetes.

Karena lutut erat kaitannya dengan aktivitas gerak, sehingga pengobatan yang diberikan bertujuan untuk menjaga kualitas pasien nyeri lutut tetap baik.

"Kalau sakit lutut yang tidak sembuh atau berulang, perlu minum obat seumur hidup? Tidak. Biasanya akan kami evaluasi, misalnya apakah berat badan tetap gemuk, apakah aktivitasnya masih naik dan turun tangga, jongkok, lari, loncat, apakah latihan yang diberikan dikerjakan," terang dr Arif.

Dijelaskan dr Arif, salah satu pasien mengalami masalah lutut akibat naik dan turun tangga ke lantai enam selama 10 tahun.

"Katanya buat latihan supaya ototnya kuat, 10 tahun lututnya rusak. (Naik dan turun tangga supaya otot kuat) itu salah satu informasi yang salah," jelas dr Arif.

Baca Juga: Rekomendasi Makanan yang Bisa Tingkatkan Produksi Pelumas Sendi Lutut, Moms Harus Mulai Konsumsi Nih!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan