Si kecil menjadi cegeng terkadang membuat emosi Moms terganggu. Disamping itu, ada juga rasa khawatir yang dirasakan terhadap perkembangan emosianal si kecil. Tak perlu panik ya, Moms! Itu semua dapat diatasi.

Sebelum mengatasinya, Moms perlu mehami penyebab si kecil menjadi cengeng loh. Biasanya si kecil cengeng karena ada sesuatu yang nggak bisa ia lakukan atau si kecil merasa kesepian. Namun itu adalah hal yang wajar sebab cengeng merupakan bentuk reaksi si kecil dalam menunjukkan apa yang dirasakannya.

Moms dilarang memarahinya dengan keras ketika si kecil sedang menangis. Meskipun hal ini ampuh untuk membuat si kecil diam, namun tidak baik untuk perkembangan emosinya ketika dewasa nanti. Si kecil akan terus memendam apa yang dia rasakan, akibatnya dia akan mudah murung dan menjadi pribadi yang tertutup.

Dilansir dari berbagai sumber (02/02/2021), berikut tips jitu yang dapat Moms terapkan dalam menghadapi anak cengeng tanpa marah-marah;

1. Peluk

Sebelum berikan saran dan mengalihkan tangisannya, Moms dapat memeluknya hingga tangisannya mereda. Percayalah, pelukkan Moms sangat ampuh untuk meredakan tangis si kecil. Pelukan seorang ibu juga dapat memberikan kesan aman dan hangat sehingga si kecil gak merasa sendiri dan merasa tenang.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menegur Anak yang Suka Merusak Barang?