Menu

Gak Perlu Ribet! 5 Masker Alami Ini Bisa Mencerahkan Wajah

12 Januari 2020 10:30 WIB
Gak Perlu Ribet! 5 Masker Alami Ini Bisa Mencerahkan Wajah

Wanita sedang merawat wajahnya dengan menggunakan masker. (Unsplash/Chris Knight)

HerStory, Jakarta —
Memiliki kulit wajah yang cerah adalah idaman bagi banyak orang, terutama wanita. Berbagai cara dilakukan demi mendapatkan warna kulit yang diimpikan. Mulai dari mengonsumsi suplemen kulit hingga perawatan dokter. Padahal dengan memanfaatkan bahan yang ada di rumah, kamu bisa mencerahkan kulit wajah dengan mudah. Apa saja ya?

1. Masker Kunyit

Kunyit telah lama digunakan dalam budaya tradisional India untuk tujuan kesehatan dan kecantikan. Bumbu emas ini sering digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengobati jerawat dan mendapatkan kulit yang lebih cerah.

Bahan yang dibutuhkan adalah bubuk kunyit organik, madu, dan perasan jeruk nipis. Bahan alami pencerah kulit yang memaksimalkan masker ini adalah perasan jeruk nipis, yang kaya asam sitrat. Sementara madu dapat melembabkan dan menyehatkan kulit. Masker ini sangat efektif untuk mencerahkan kulit.
Biarkan masker ini selama 15-20 menit, kemudian bersihkan dengan air hangat. Kamu dapat mengaplikasikan masker ini sekali atau dua kali seminggu selama tiga minggu untuk mencerahkan kulit secara maksimal. Jika kulit Anda rentan dengan jerawat, masker wajah ini juga cocok untuk menghilangkan jerawat dan bekas luka.

2. Masker Madu

Madu
dapat membuat wajah menjadi halus dan bersinar. Kombinasikan dengan tepung beras yang mengandung nutrisi sehingga dapat memelihara dan mencerahkan kulit, lalu madu yang berfungsi untuk menghidrasi, memperbaiki, dan menenangkan kulit
.
Biarkan masker ini selama 15 menit, kemudian perlahan-lahan memijatnya dengan gerakan memutar. Gunakan kain lap yang dicelupkan ke dalam air hangat untuk menyeka masker dari wajah. Bilas wajah dengan air dingin. Gunakan masker pencerah wajah alami ini dua kali seminggu selama satu bulan untuk mencerahkan kulit.

Baca Juga: 5 Masker Buah Alami untuk Atasi Kulit Kering, Mudah Dibuat lho!

3. Masker Minyak Kelapa

Melansir laman fabhow.com, Minyak kelapa terdiri dari rantai asam lemak yang berfungsi untuk melembabkan wajah dan melembabkan sel-sel kulit agar kulit lebih cerah.
Minyak alami ini juga memiliki sifat antibakteri yang akan membantu menghilangkan jerawat.
Campurkan minyak kelapa dengan madu sebagai pelembap dan perasan lemon segar yang bekerja sebagai natural bleaching agent.
Biarkan masker selama 20 menit, bilas dengan air hangat. Gunakan masker pencerah wajah alami ini tiga kali seminggu setidaknya selama satu bulan. Kamu akan melihat perubahan setelah aplikasi pertama. Lanjutkan aplikasi selama satu bulan untuk mendapatkan kulit yang halus dan cerah.

4. Masker Kopi

Masker wajah ini paling cocok untuk yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat.
Bubuk kopi memiliki sifat anti-inflamasi dan mengandung antioksidan yang mencegah penuaan kulit dini. Selain itu, kopi dapat menghilangkan sel-sel kulit mati, dan meningkatkan sirkulasi darah, sehingga secara signifikan meningkatkan kecerahan alami kulit.
Campurkan masker ini dengan cuka sari apel murni, yang kaya akan antioksidan dan juga membantu mengembalikan keseimbangan pH kulit. Diamkan selama 20 hingga 25 menit, lalu bersihkan dengan air. Kamu dapat mengaplikasikan masker wajah kopi ini tiga kali dalam seminggu selama minimal satu bulan untuk mendapatkan kulit yang tampak lebih muda dan cerah.

5. Masker Putih Telur

Putih telur juga sangat bermanfaat untuk kulit karena membantu mengencangkan pori-pori dan kaya protein yang meningkatkan kesehatan kulit.
Campurkan dengan perasan lemon segar dan madu yang berfungsi mengencangkan dan mencerahkan kulit. Biarkan hingga kering selama  20 menit. Setelah itu, bersihkan wajah dengan air dan tepuk-tepuk lembut dengan handuk. Aplikasikan masker pencerah wajah alami ini dua hingga tiga kali seminggu selama satu bulan untuk melihat hasilnya.

Enggak perlu ribet, kamu bisa merawat wajah dengan bahan yang mudah ditemui. Selamat mencoba, Beauty!

Baca Juga: 5 Masker Buah Alami untuk Atasi Kulit Kering, Mudah Dibuat lho!

Baca Juga: Kenali, Perbedaan Masker Asli dan Palsu

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Nada Saffana