Banyak korban berjatuhan akibat merebaknya wabah virus Corona COVID-19 di hampir seluruh penjuru dunia. Dari update terbaru, tercatat sudah 244.421 orang yang terinfeksi, 10.027 kasus meninggal dunia, dan 86.025 pasien dinyatakan sembuh dari virus tersebut. Enggak cuma itu, banyak pula istilah-istilah baru yang bermuncul. Seperti halnya ODP, PDP, dan Suspect Corona.

Beauty, kamu tahu enggak sih perbedaan antara ODP, PDP, dan Suspect Corona?

OK. Mari kita bahas satu per satu!

Baca Juga: Bertambah 60 Kasus, Total Pasien Positif COVID-19 di Indonesia Jadi 369 Orang

Seperti yang dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (21/3/2020), ODP merupakan kepanjangan dari Orang dalam Pemantauan. Seseorang yang dikategorikan ODP apabila ia baru saja atau sempat berpergian ke negara terdampak. 

Beauty juga bisa termasuk ODP kalau sebelumnya pernah melakukan kontak langsung dengan pasien yang terinfeksi virus Corona. 

Perlu Beauty tahu, kalau orang yang termasuk ke dalam kelompok ODP adalah mereka yang belum menunjukkan gejala-gejala sakit.

Selanjutnya ada PDP, PDP itu singkatan dari Pasien dalam Pengawasan. Ini berarti, orang yang masuk ke dalam kategori ini sudah mulai dirawat oleh tenaga medis dan menunjukkan gejala umum seperti demam, batuk, pilek, hingga sesak napas. Singkatnya sudah menjadi pasien.

Baca Juga: Bukan Lockdown! Tes COVID-19 Massal Jadi Keputusan Jokowi untuk Cegah Penyebaran Virus Corona di Indonesia

Nah, kalau Suspect Corona itu berarti orang yang diduga kuat sudah terjangkit COVID-19. Mereka menunjukkan gejala virus dan pernah melakukan kontak langsung dengan pasien positif Corona.

Orang yang masuk ke dalam kategori ini akan diperiksa menggunakan dua metode, yaitu Polymerase Chain Reaction (PCR) dan Genome Sequencing. Pemeriksaan dilakukan untuk mengetahui status infeksi viru di dalam tubuh, positif atau negatif.

Setelah melakukan proses tracking oleh tenaga medis, biasanya orang yang termasuk ke dalam kategori OPD, PDP, maupun Suspect akan diinstruksi untuk menjalai karantina selama 14 hari. 

Nah Beauty, itu tadi perbedaan ODP, PDP, dan juga Suspect Corona yang sering kita dengar akhir-akhir ini. Sebenarnya, masih banyak istilah virus Corona yang bermunculan. Sebut saja seperti pandemi hingga social distencing. Apa pun itu istilahnya yang terpenting saat ini adalah selalu menjaga kesehatan dan kebersihan tubuhmu ya, Beauty!

Ada jutaan anak yang terkendala belajar online karena keterbatasan akses internet. Ada banyak tenaga medis yang tidak dibekali APD lengkap. Mari kita sama-sama sukseskan kampanye #AmanDiRumah untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Donasi Anda akan disalurkan untuk membantu pengadaan APD dan fasilitas pendidikan online anak-anak Indonesia. Informasi soal donasi klik di sini.