Untuk mendapatkan sebuah kehamilan, setidaknya ada tiga peristiwa penting yang harus dilewati. Proses tersebut adalah ovulasi, fertilisasi, dan implantasi. Kalau salah satu prosesnya nggak berjalan dengan baik, maka peluang untuk hamil menjadi menipis. 

Meski ketiga proses ini terjadi di dalam rahim, faktor kegagalan kehamilan bukan hanya karena ada gangguan pada wanita saja. Ketiga proses tersebut akan terganggu jika sperma yang dihasilkan kualitasnya kurang baik.

Dr. Aida Riyanti, Sp.OG-KFER, Mrep.Sc, menjelaskan, setiap permasalahan gangguan kesuburan bisa menimpa pria atau wanita, dan punya treatment yang berbeda-beda. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut seperti yang ia ungkapkan dalam konferensi pers bertajuk “RS Pondok Indah IVF Centre, Harapan Baru untuk Miliki Buah Hati” yang dilaksanakan Kamis, (04/02/2021). 

Saat melakukan konseling awal, dokter akan menanyakan tentang gaya hidupmu dan pasangan. 

“Apakah merokok, kemudian apakah hubungan seksual dilakukan secara rutin. Akan ditanyakan juga mengenai pekerjaan. Apakah terpapar panas terus-menerus ataupun zat-zat yang berbahaya. Faktor usia juga merupakan poin yang sangat penting untuk melakukan tatalaksana pada pasien-pasien kita,” ujar dokter spesialis kebidanan dan kandungan konsultan fertilitas, endokrinologi, dan reproduksi yang berpraktik di RS Pondok Indah IVF Centre ini.

Pemeriksaan pada Pria

Dr. Aida melanjutkan, pemeriksaan pada pria dilakukan dengan analisis sperma untuk melihat jumlah sperma, bentuk sperma, dan gerak sperma. 

Baca Juga: Beauty Harus Tahu! Ini Penyebab Wanita Mengalami Gangguan Kesuburan