Menu

Hidup Tetap Sehat, Gini Cara Terhindar dari Kanker saat Konsumsi Daging Kurban, Moms Wajib Catat Ya!

23 Juni 2023 18:15 WIB
Hidup Tetap Sehat, Gini Cara Terhindar dari Kanker saat Konsumsi Daging Kurban, Moms Wajib Catat Ya!

Daging Kurban (Foto:Shutterstock)

HerStory, Jakarta —

Wajib diketahui, ketika memakan sate dan daging bakar dengan berlebihan bisa meningkatkan risiko kanker usus karena kandungan zat karsinogen lho Moms! Lalu, adakah cara mencegah kanker dalam tubuh?

Konsultan Hematologi dan Onkologi Medik Eka Hospital Cibubur, dr. Andhika Rachman, Sp.PD-KHOM, FINASIM membenarkan memang zat karsinogen bisa terbentuk karena proses pembakaran. Zat ini terbentuk saat daging dipanggang dengan temperatur tinggi dan lama.

"Hal ini membuat daging sate atau steak tampak menghitam atau gosong. Karsinogen dapat menyebabkan kerusakan sel yang pada akhirnya dapat mengakibatkan penyakit kanker," ujar dr. Andhika dilansir dari sindikasi konten suara.com, Jumat (23/6/2023).

Zat karsinogen juga terjadi karena reaksi kimia kandungan asam amino, gula, dan creatine di daging merah bersuhu tinggi lalu membentuk heterocyclic amines (HCAs) sebagai si pembentuk karsinogen.

Inilah sebabnya dr. Andhika menyarankan untuk pilih daging merah yang segar dibanding daging olahan pabrik, dan gunakan cara masak yang lebih sehat dengan cara direbus atau dikukus.

Baca Juga: Dijamin Gak Bisa Ditolak! Ini 5 Menu Lezat Khas Sumatera Barat yang Bisa Jadi Ide Olahan Daging Kurban, Moms Paling Suka yang Mana Nih?

Baca Juga: Berkaca dari Pengalaman, Dewi Perssik Kini Pilih Sembelih Hewan Kurban di Rumah: Gak Mau Repotin Deh!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Azka Elfriza

Artikel Pilihan