Menu

Hal yang Perlu Diperhatikan untuk Mengecilkan Pori-pori

12 Januari 2020 13:30 WIB
Hal yang Perlu Diperhatikan untuk Mengecilkan Pori-pori

Ilustrasi wanita sedang menggunakan serangkaian skincare. (Unsplash/Park Street)

HerStory, Jakarta —

Memiliki wajah yang berpori-pori besar menjadi mimpi buruk sebagian wanita. Apalagi jika menggunakan make up, kulit terlihat enggak mulus. Banyak orang mencari cara untuk mengecilkan pori-pori. Pori-pori adalah lubang kecil di kulit untuk mengeluarkan minyak dan keringat yang terhubung dengan folikel rambut.

Jika pori-pori tampak lebih besar, mungkin karena pori-pori tersumbat. Selain itu, kulit yang menua mengandung sedikit kolagen, menyebabkan pori-pori terlihat lebih besar. Tidak ada cara untuk mengubah ukuran pori-pori secara permanen, itu hanya bisa terlihat lebih samar atau lebih kecil. Bagaimana caranya?

1. Kenali Produk yang digunakan

Jika menggunakan produk yang dirancang untuk membersihkan sebum dan jerawat secara berlebihan dalam jangka waktu yang lama akan mengiritasi kulit. Produk berbahan aktif seperti salisilat dapat menghilangkan lapisan atas kulit dan membuat kulit menjadi kering.
Sementara pori-pori terlihat lebih kecil, tetapi jika kulit menjadi terlalu kering, maka sebasea akan meningkatkan produksi sebum untuk mengisi kembali kelembapan yang hilang. Ini menyebabkan kulit memproduksi minyak berlebih sehingga pori-pori terlihat lebih besar. Selain itu, gunakan produk yang noncomedogenic atau berbasis air agar bisa mengecilkan pori-pori.

2. Bersihkan Wajah dengan Benar

Untuk pori-pori besar yang berhubungan dengan kulit berminyak, gunakan pembersih wajah berbasis gel. Kulit normal sampai kering bisa menggunakan pembersih wajah berbahan krim. Apapun jenis kulit yang dimiliki, hindari pembersih wajah yang mengandung sabun atau scrub. Ini bisa membuat pori-pori terlihat lebih besar.

Baca Juga: Jangan Takut Berkeringat! 7 Manfaat Keringat Ini Bagus Untuk Wajah Mulusmu

3. Lakukan Eksfoliasi dengan AHA atau BHA

Akademi Dermatologi Amerika mengatakan eksfoliasi hanya bisa dilakukan setiap satu hingga dua kali per minggu. Eksfoliasi membantu mengangkat kulit mati penyebab menyumbatnya pori-pori. Perlu diingat, jika sedang memiliki jerawat aktif, jangan lakukan eksfoliasi untuk menghindari melakukan iritasi.
Pilihlah produk eksfoliasi berbahan alpha-hydroxy acids (AHA) atau beta-hydroxy acids (BHAs). BHA juga dikenal sebagai asam salisilat. Meskipun kedua bahan tersebut dapat memaksimalkan proses eksfoliasi, BHA dapat menembus jauh ke dalam pori-pori untuk mengobati jerawat.

4. Gunakan Pelembap

Kesalahan terbesar bagi orang yang memiliki wajah berminyak adalah melewatkan pemakaian pelembap karena takut itu akan membuat wajahnya lebih berminyak. Padahal penggunaan pelembap wajib untuk semua jenis kulit.
Eric Schweiger, pendiri Kelompok Dermatologi Schweiger di New York City mengatakan kepada bustle.com, "Dengan melewatkan pelembab, kulit kamu akan mengering dan pada akhirnya kulit akan lebih banyak menghasilkan minyak untuk menghidrasi kulit,"

5. Gunakan Masker Clay (Tanah Liat)

Masker Clay dapat membantu menghilangkan minyak, kotoran, dan membuat pori-pori terlihat lebih kecil. Gunakan masker ini sekali atau dua kali per minggu, tetapi tidak pada hari yang sama saat melakukan eksfoliasi.

Baca Juga: Gak Perlu Ribet! 5 Masker Alami Ini Bisa Mencerahkan Wajah

6. Gunakan Tabir Surya

Tabir surya adalah hal yang harus digunakan setiap orang. Kerusakan akibat sinar matahari tidak hanya meningkatkan risiko kanker dan keriput, tetapi juga bisa mengeringkan kulit dan membuat pori-pori terlihat lebih besar.
Gunakan produk dengan SPF minimal 30. Aplikasikan 15 menit sebelum ke luar.

7. Jangan Tidur dengan Rias

Tertidur dengan riasan sangat merugikan kulit. Saat dibiarkan semalam, kosmetik dapat bergabung dengan kotoran, minyak, dan bakteri yang tersisa dan menyumbat pori-pori. Ini bisa membuat pori-pori terlihat lebih besar di hari berikutnya. Itu sebabnya sangat penting untuk membersihkan wajah sebelum tidur.

8. Jaga hidrasi tubuh

Selain menggunakan produk yang tepat, air dapat bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori. Konsumsi bebas gelas air setiap hari.

Baca Juga: Sisley Ecological Compound: Solusi Jitu Memperbaiki dan Menjaga Kesehatan Skin Barrier, Welcome Kulit Glowing!

Baca Juga: Tren Kecantikan 2023, Sustainable-Beauty Diprediksi Kian Digandrungi, Intip di Sini Yuk!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Nada Saffana