Menu

Bahaya! Kutil Kelamin Bisa Berubah Jadi Kanker Jika Dibiarkan, Jangan Sampai Terlambat Tangani Ya Beauty!

04 Juli 2023 14:15 WIB
Bahaya! Kutil Kelamin Bisa Berubah Jadi Kanker Jika Dibiarkan, Jangan Sampai Terlambat Tangani Ya Beauty!

Ilustrasi Kutil Kelamin (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, jika kamu mengidap kutil kelamin, lebih baik jangan dianggap remeh dari sekarang ya Beauty! Pasalnya, para 50% pengidap penyakit kondiloma akuminata itu bisa berujung penyakit ganas seperti kanker serviks jika tak ditangani dengan baik.

Kerenanya, penting untuk mengenali gejala juga tanda awal dari penyakit kutil kelamin. Deteksi dini kutil kelamin serta penegakkan diagnosis perlu dilakukan melalui pemeriksaan klinis.

"Jika sudah terkena penyakit ini, maka penderitanya tidak boleh lagi acuh tak acuh, karena sebenarnya pengobatannya terhadap kutil kelamin tergolong sulit dan butuh waktu yang lama," kata dokter spesialis kulit dan kelamin dr. Anthony Handoko, SpKK., dilansir dari sindikasi konten Suara.com pada Selasa (4/7/2023).

Terapi yang tepat serta kedisiplinan dalam menjalankan terapi sangat penting dilakukan agar kutil kelamin tak semakin parah maupun tak kambuh. Dokter Anthony juga menyarankan, perempuan yang memiliki riwayat kutil kelamin sebaiknya daoatkan booster vaksin HPV agar terhindar dari risiko kanker serviks.

Baca Juga: Mujarab Banget! Gak Banyak yang Sadar, Ini 3 Manfaat Ajaib Tahu untuk Tubuh, Salah Satunya Hempas Kanker!

Baca Juga: Sempat Diisukan Meninggal, Kate Middleton Muncul Akui Idap Kanker Usai Konspirasi Keluarga Kerajaan Inggris Makin Brutal

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Konten Sindikasi: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Oleh: Azka Elfriza

Artikel Pilihan