Menu

3 Rekomendasi Obat untuk Pengidap Kolestrol Tinggi yang Bisa di Beli di Apotek, Catat Ya Moms!

07 Juli 2023 15:45 WIB
3 Rekomendasi Obat untuk Pengidap Kolestrol Tinggi yang Bisa di Beli di Apotek, Catat Ya Moms!

Ilustrasi pil. (Freepik/jcomp)

HerStory, Jakarta —

Jika dibiarkan tanpa diobati, kolesterol tinggi bisa meningkatkan risiko terserang penyakit jantung, stroke, hingga diabetes Moms. Untuk menurunkannya, kamu harus memiliki pola hidup yang sehat, yakni mengonsumsi makanan bergizi dan rutin berolahraga.

Selain itu, kamu juga bisa mengendalikan kadar kolesterol tinggi dengan obat-obatan, seperti dilansir dari laman Hello Sehat, Jumat (7/7/2023).

1. Pengikat asam empedu (bile acid sequestrants)

Obat ini bekerja dengan mengurangi kadar asam empedu. Pasalnya, tubuh membutuhkan asam empedu dan membuatnya dengan cara mengurai kolesterol LDL.

Kamu perlu ingat bahwa pengobatan untuk kolesterol yang satu ini dapat menimbulkan efek samping, misalnya konstipasi, perut kembung, rasa mual, rasa ingin buang angin, hingga heartburn atau sensasi terbakar pada dada.

2. Cholesterol absorption inhibitor

Golongan obat ini bekerja dengan cara mencegah kolesterol agar tidak diserap oleh usus. Obat ini mungkin memiliki efek yang cukup baik dalam menurunkan kadar trigliserida dan meningkatkan kadar HDL di dalam darah.

Penggunaan cholesterol absorption inhibitor ini juga dapat menimbulkan efek samping berupa sakit perut, rasa lelah, dan otot terasa nyeri.

Baca Juga: Gak Perlu Repot Beli Obat Apotek Kok! Ini 7 Cara Alami dan Efektif Atasi Ambeien, Nomor 1 Sering Dilupakan!

Baca Juga: Jangan Buru-buru Beli Obat di Apotek Moms! Ini 7 Cara Alami Hempas Sakit Kepala dengan Mudah, Wajib Banget Kamu Ketahui!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Sri Handari

Artikel Pilihan