Beauty pasti masih banyak dari kamu yang datang bulannya gak teratur? Kira-kira apa ya penyebabnya?

Siklus datang bulan yang gak teratur menimbulkan rasa khawatir dalam diri kamu. Berbagai macam kasus siklus datang bulan yang gak teratur seperti telat datang bulan, datang bulan lebih cepat, datang bulan lebih lambat, lewat berapa bulan atau bahkan gak terjadi sama sekali dalam beberapa bulan.

Menstruasi dikatakan tidak lancar atau tidak teratur apabila siklus terjadi kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari. Selain itu menstruasi dikelompokkan tidak lancar bila lamanya menstruasi berubah-ubah setiap bulannya. Volume darah yang tidak sama, kadang banyak dan kadang sedikit, juga merupakan salah satu bentuk menstruasi tidak lancar.

Siklus datang bulan yang teratur biasanya terjadi selama 3-7 hari. pada umumnya siklus datang bulan terjadi setiap 28-36 hari dan berlangsung sebanyak 11-13 kali dalam setahun.

Setiap wanita memiliki siklus datang bulan yang berbeda-beda. Ada yang memiliki siklus lebih lambat atau lebih panjang. Namun ada juga yang siklusnya gak teratur.

Dilansir dari berbagai sumber (10/02/2021) mengenai penyebab wanita yang memiliki siklus datang bulan gak teratur, berikut ulasannya:

Baca Juga: Sering Salah, Ini Perbedaan PMS dan Tanda Kehamilan yang Perlu Diketahui!