Beauty, kalau suami juga ikut terjangkit virus Corona tentu kamu akan merasa khawatir berkali-kali lipat. Kamu khawatir akan kondisinya, anak-anak, dan juga dirimu yang bisa saja ikut tertular. Apa yang harus kamu lakukan kalau ada anggota keluarga terkhusus suamimu menunjukkan gejala COVID-19 pada tubuhnya meski ringan sekali pun?

Pertama, jangan panik! Merawat suami dengan COVID-19 dapat dilakukan di rumah kalau dia memiliki gejala yang ringan. Center for Disease Control and Prevention (CDC) mengatakan, pasien dengan gejala ringan bisa diisolasi di rumah selama 14 hari tanpa harus dirawat di rumah sakit.

Baca Juga: Bisakah Virus Corona Menular Lewat Makanan? Ini yang Perlu Kamu Tahu!

"Jika seseorang dalam rumah tanggamu didiagnosis dan memiliki gejala ringan yang perlu dilakukan adalah diisolasi sampai ia sembuh, hal ini untuk membatasi penyebaran infeksi," ujar dr. Sachin Nagrani, seperti yang dilansir dari laman Huffpost, Senin (23/3/2020).

Enggak cuma itu, kamu juga bisa tidur di kamar yang terpisah untuk sementara. CDC menyarankan agar orang yang sakit tinggal di satu ruangan dan jauhi dari anggota keluarga lain, terutama anak-anak. 

"Batasi jumlah tempat orang sakit dan pisahkan mereka dari anggota keluarga lainnya. Jika ruangan yang terpisah tidak memungkinkan, cobalah tempat tidur yang terpisah," saran Direktur Eksekutif American Public Health Association, George C. Benjamin.

Kalau suamimu terinfeksi atau terdampak gejala virus Corona, kamu juga tetap bisa merawatnya. Misalnya saat memberikan makan, taruh meja di depan pintu kamar dan siapkan makanan yang bisa ia ambil sendiri. Jangn lupa pula untuk mencuci piring bekas ia makan sebersih mungkin menggunakan cairan anti-bakteri.

Kepala petugas medis, Marcus Plesia menyarankan untuk mencuci piring menggunakan sabun dan air panas. Setelah itu dibilas dalam laturan pemutih atau mungkin kamu bisa mencucinya lewat mesin cuci piring menggunakan disinfektan.

"Setiap kali kamu melakukan kontak dengan anggota keluarga (suami) yang teinfeksi virus Corona, cucilah tangan setidaknya 20 detik. Jika sabun dan air tidak tersedia, gunakan pembersih tangan yang mengandung setidaknya 60% alkohol," ujarnya.

Selain itu, kamu juga perlu memberinya air atau minuman elektrolite untuk menghindari dehidrasi. Perlu Beauty ketahui, saat demam tubuh membutuhkann banyak cairan agar terhindar dari dehidrasi dan efek samping lainnya. 

Hal yang perlu kamu lakukan lainnya ialah menjaga kebersihan rumah. Saat ini, di rumahmu sudah ada anggota keluarga yang mengalami gejala terserangnya virus Corona, tentunya banyak bakteri dan virus yang menyebar di rumahmu.

Kamu perlu menjaga kebersihan rumah untuk meminimalisir penyebaran virus. Gunakan cairan disinfektan saat membersihkan rumah ya, Beauty!

Semoga bermanfaat!