Beauty, kini status wabah COVID-19 sudah menjadi pandemi virus global. Hari demi hari makin banyak korban berjatuhan di hampir seluruh penjuru dunia. Seperti yang Beauty tahu kalau penyakit ini bisa ditularkan melalui tetesan cairan dari hidung atau mulut pasien terdampak, ketika bersin maupun batuk. Pernah enggak sih kamu berpikir kalau virus ini bisa menular juga lewat makanan?

Mengutip dari laman HuffPost, Sabtu (21/3/2020), hingga saat ini belum ditemukan adanya bukti kalau virus COVID-19 juga bisa ditularkan lewat makanan.

Baca Juga: Virus Corona Bisa Menempel di Pakaian? Begini Cara Mencuci yang Tepat!

"Kami tidak mengetahui adanya laporan hingga saat ini tentang COVID-19 yang dapat ditularkan melalui makanan atau kemasan makanan," ujar juru bicara Layanan Keamanan dan Inspeksi Makanan USDA kepada HuffPost.

Profesor dan spesialis penyuluhan keamanan, Benjamin Chapman, mempertegas kalau modus infeksi dari virus ini yang paling utama ialah pernapasa. Kemungkinan besar kalau penularan COVID-19 lewat makanan itu sangat rendah.

"Faktanya, kami tidak melihat bukti adanya virus pernapasan yang ditularkan melalui makananan di masa lalu," katanya.

Kalau begitu, ada enggak sih makanan yang perlu dihindari saat pandemi seperti ini?

Karena enggak diketahui penularan COVID-19 melalui makanan, kamu enggak perlu khawatir untuk menghindari tertentu. Kekhawatiran yang lebih besar saat berbelanja makanan ialah risiko penularan virus Corona dari orang ke orang.

Saat berbelanja ke supermarket kamu juga perlu mawas diri dan jaga jarak sekitar dua meter dengan pengunjung lain. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kebersihan tangan.

Baca Juga: Wajib Tahu! Ternyata Begini Lho Perkembangan Gejala Virus Corona dari Hari ke Hari!

Aman enggak sih makan di restoran?

Dalam kebanyakan kasus, enggak ada alasan untuk menghindari mengunjungi restoran karena takut wabah COVID-19.

"Sama seperti sebelum kita tahu tentang virus Corona. Dengan kata lain, enggak ada yang benar-benar aman," kata Spesialin Ekstensi Ilmu Pangan, Don Schaffner.

Schaffner menunjukkan jika ada virus corona dalam makanan itu akan dihancurkan dengan cara memasak yang benar. Sama seperti halnya pergi ke supermarket, kamu harus rajin melakukan tindakan pencegahan seperti jaga jarak dan selalu menjaga kebersihan tangan.

"Penularan virus di restoran dengan pengunjung yang padat berisiko tinggi, beberapa di antaranya dapat menyimpan virus di permukaan seperti meja, pintu, buku menu. Bisa mengelolanya dengan mencuci tangan seacar rutin. Hand sanitizer juga menjadi langkah efektif untuk mengurangi risiko penularan COVID-19.

Baca Juga: Berapa Lama Virus Corona Bisa Bertahan pada Benda di Sekitar? Ini Jawabannya!

Nah Beauty, kalau kamu takut untuk makan di restoran kamu bisa lho membuatnya sendiri di rumah. Yang perlu kamu ingat sebelum atau setelah memasak ialah menjaga kebersihan tangan. Selain itu, jangan satukan daging dengan makanan lainnya dan memasak makanan dengan suhu yang sesuai.

Perlu enggak sih menyetok makanan kalau lagi self-quarantine?

Tentu aja perlu Beauty, kamu perlu menyediakan makanan yang sifatnya tahan lama. Hal ini membantumu untuk enggak berpergian keluar rumah di masa social distancing seperti saat ini. Perlu kamu ingat juga untuk menyetok makanan yang sehat, di mana mampu membantumu menjaga imun tubuh agar enggak mudah terserang penyakit.

Semoga bermanfaat!

Ada jutaan anak yang terkendala belajar online karena keterbatasan akses internet. Ada banyak tenaga medis yang tidak dibekali APD lengkap. Mari kita sama-sama sukseskan kampanye #AmanDiRumah untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Donasi Anda akan disalurkan untuk membantu pengadaan APD dan fasilitas pendidikan online anak-anak Indonesia. Informasi soal donasi klik di sini.