Sejak merebaknya wabah COVID-19 di Indonesia, pemerintah mengimbau untuk teteap menjaga kebersihan tangan. Enggak cuma itu, ada pula imbauan untuk enggak sering menyentuh muka. Hal ini sebagai salah satu bentuk untuk meminimalisir penularan virus. Selain mencegah virus Corona, ternyata ada manfaat lain dari enggak menyentuh wajah lho!

Beauty penasaran enggak sih manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dari enggak sering menyentuh wajah menggunakan tangan? Mengutip dari berbagai sumber, Senin (23/3/2020), simak terus ulasan berikut!

Baca Juga: Dear Beauty, Yuk Kurangin Menyentuh Bagian Wajah untuk Cegah Penularan Virus Corona, Ini Tipsnya!

Mencegah terjadinya iritasi

Beauty perlu tahu, kalau dengan seringnya menyentuh wajah bisa menyebabkan iritasi lho! Seringnya menyentuh wajah bisa menyebabkan kemerahan dan peradangan. Hal ini terjadi karena kulit itu sensitif dan rentan terkena iritasi kalau sering disentuh. Beauty kamu enggak mau kan kulit wajahmu iritasi? Jadi mulai dibiasain untuk enggak menyentuh wajah ya!

Mencegah penyebaran kuman

Meski tanganmu terlihat bersih, enggak menutup kemungkinanan kalau banyak kuman di dalamnya. Pasti dalam sehari-hari kamu menyentuh banyak barang kan? Sebut saja satu yang sering kamu genggam ialah handphone.

Kuman dan bakteri yang terdapat pada layar handphone akan menempel pada tangan. Kemudian, tanpa disadari kamu menyentuh wajah setelahnya, hal ini juga bisa memicu timbulnya jerawat dan kerusakan wajah lainnya lho, Beauty!

Mencegah terjadinya kerutan

Kamu perlu tahu, kalau kebiasaan menyentuh wajah bisa menimbulkan kerutan dan garis halus di usia dini. Ketika kamu menggosok atau menyentuh wajah dengan tangan, hal ini dapat menyebabkan kulit wajah menjadi tertarik dan bisa menimbulkan kerutan.

Menghindari kantung mata

Cosmopolitan mengatakan kalau seringnya mentuh wajah juga bisa menyebabkan timbulnya kantung mata. Kantung pada mata dapat mengurangi elasitas kulit dan menyebabkan pembuluh darah rusak. Kamu perlu tahu, kalau kulit di area mata itu tipis dan sangat rentan teriritasi bila sering disentuh.

Membantu agar make up tetap on point!

Nah, manfaat lain dari enggak menyentuh wajah ialah membuat riasan wajah tetap stay dan pastinya on point. Kalau kamu ingin mengelap keringat yang keluar, kamu bisa menggunakan tisu dengan cara men-tap-tap tanpa menggosoknya terlalu keras.

Semoga bermanfaat!