Beauty, kamu tau enggak sih? Bahwa enggak menyentuh bagian muka adalah salah satu cara untuk mencegah virus tertular pada seseorang. Namun, terkadang kita masih saja melakukannya. Ada beberapa hal sederhana yang dapat dilakukan untuk membantu menghentikan kebiasaan tersebut. Menyentuh wajah secara signifikan dapat meningkatkan risiko infeksi flu atau virus corona. Mata dan mulut adalah area di mana virus dapat dengan mudah memasuki tubuh.

Peneliti telah menemukan bahwa orang menyentuh wajah mereka lebih dari 16 kali dalam satu jam. Berikut ini beberapa cara membuat seseorang untuk mengurangi menyentuh wajah, yuk simak!

Baca Juga: Tangkal Virus Corona, 7 Jus Sehat Ini Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh!

Buat Tanganmu Menjadi Sibuk

Jika berada di rumah sedang menonton TV, cobalah untuk melipat pakaian yang baru kering atau menyeterika. Mungkin ini akan membuat dirimu mengurangi intensitas menyentuh muka.

Sedia Tisu

Jika memang ingin menyentuh bagian muka ketika hendak membersihkan keringat atau mengusap hidung, ada baiknya untuk menggunakan tisu. Ini dapat membantumu terhindar dari virus dan kotoran yang menempel pada muka. Akan lebih baik lagi jika mencuci tangan secara rutin.

Baca Juga: Beauty Perlu Tahu! Ini Lho Kesalahan yang Mungkin Kamu Lakukan Dalam Gunakan Blush On

Menggunakan Sarung Tangan

Menggunakan sarung tangan saat berada di tempat umum dan kemungkinan besar terpapar dengan menyentuh permukaan yang mengandung virus. Lalu lepaskan kembali sarung tangan tersebut saat sampai tujuan. Ini mungkin tidak biasa tetapi mengenakan sarung tangan di rumah juga dapat membantumu menghentikan kebiasaan menyentuh wajah.

Buatlah Note

Jika dirimu sering bekerja di depan komputer mungkin bisa membuat note dengan menuliskan  peringatan untuk tidak menyentuh muka jika belum mencuci tangan. Terkadang saat bekerja membuatmu lupa untuk menyentuh bagian muka.

Ingat Akan Bahayanya

Jika dirimu selalu ingin menyentuh wajah, terlebih tanpa mencuci tangan terlebih dahulu, selalu ingat bahwa ada kuman dan virus yang setiap saat dapat menempel dan masuk ke dalam tubuh ketika dirimu menyentuh muka. Ingat bahwa virus dapat menular melalui udara dan tangan kita yang kotor.

Baca Juga: Ternyata Ini Lho, Cara Ampuh Agar Kulit Lebih Glowing! Rutin Minum Jus Woret dan Tomat Tiap Hari!

Nah Beauty, itu tadi tips untuk mengurungi menyentuh bagian wajah. Karena Mata, hidung, dan mulut adalah jalur mudah untuk virus seperti COVID-19 untuk masuk ke tubuh. Tindakan pencegahan dapat dilakukan dengan menghindari menyentuh wajah sesering mungkin.

Ada jutaan anak yang terkendala belajar online karena keterbatasan akses internet. Ada banyak tenaga medis yang tidak dibekali APD lengkap. Mari kita sama-sama sukseskan kampanye #AmanDiRumah untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Donasi Anda akan disalurkan untuk membantu pengadaan APD dan fasilitas pendidikan online anak-anak Indonesia. Informasi soal donasi klik di sini.