Sebuah studi menemukan bahwa wanita melahirkan yang mengalami diabetes gestasional akan mengalami penurunan risiko diabetes tipe 2 setelah menyusui bayinya selama dua tahun, jika dibandingkan dengan wanita yang memilih memberikan bayinya susu formula. Ini berarti bahwa menyusui tidak hanya bermanfaat bagi bayi, tetapi juga bermanfaat bagi sang ibu.

Dilansir dari berbagai sumber (11/02/2021), American Diabetes Association menyebut diabetes gestasional adalah kondisi di mana sang ibu mengembangkan tingkat gula darah selama kehamilan.

Nggak cuma itu, wanita yang memiliki diabetes gestasional memiliki tujuh kali kemungkinan untuk memiliki diabetes tipe 2 dalam beberapa tahun pasca melahirkan.

Meski demikian, sebuah penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari Kaiser Permanente, sebuah perusahaan perawatan kesehatan yang terletak di California Utara menemukan bahwa menyusui dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2 tersebut.

Penelitian ini melibatkan lebih dari 1000 wanita yang mengalami diabetes gestasional hingga empat tahun pasca melahirkan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 12 persen wanita dalam penelitian mengembangkan diabetes tipe 2 dalam waktu dua tahun setelah melahirkan.

Baca Juga: Ini Tips yang Bisa Moms Ikuti Agar Tetap Nyaman Saat Menyusui