Beauty, bekas jerawat di wajah itu emang bikin ganggu. Flek hitam atau noda bekas jerawat bisa membuat siapa pun tampil kurang percaya diri. Alih-alih menutup bekas jerawat dengan make up tebal, tapi justru bikin jerawat merah-meradang. Haduh! Kalau sudah begini tambah malu buat tampil di depan banyak orang enggak sih Beauty? 

Mulai sekarang enggak usah malu Beauty! Kamu bisa lho menyamarkan bekas jerawat tanpa perlu menutupnya menggunakan make up tebal. Melansir dari laman cosmopolitan, Senin (23/3/2020), begini lho caranya!

Baca Juga: Kenali 4 Jenis Jerawat di Area Wajah yang Perlu Kamu Tahu!

Selalu pakai tabir surya

Beauty, kamu perlu menghindari paparan sinar matahari langsung karena akan membuat proses penyembuhan kulit dari jerawat menjadi lambat. Kamu bisa menggunakan tabir surya atau sunscreen dengan SPF spektrum luas untuk membantu menyamarkan noda bekas jerawat. 

Perlu Beauty tahu, paparan sinar UV merangsang produksi pigmen, menyebabkan bekas luka menjadi lebih gelap, sehingga memakai sunscreen benar-benar menjadi kunci untuk memudarkannya.

Lakukan eksfoilasi dengan AHA dan BHA

Beauty, kamu tahu apa itu singkatan AHA dan BHA? AHA merupakan singkatan dari alpha hydroxy acid seperti glycolic dan lactic acids. Sementara itu, BHA sendiri singkatan dari beta hydroxy acid yang mengacu pada salicylic acid.

AHA dan BHA adalah exfoliants yang akan membuat warna kulit menjadi rata. Kombinasi keduanya akan membantu mendorong peremajaan kulit, tanpa kamu harus menggosoknya yang bisa menyebabkan iritasi.

Pilih produk yang mengandung vitamin C

Asam nob-serum yang bekerja sangat baik untuk membuat kulit tampak jernih ialah asam askorbat atau vitamin C. Vitamin C bisa membuat kulit terhindar dari radikal bebas dan membantu peradangan serta memudarkan bercak atau noda hitam bekas jerawat. 

Baca Juga: Bingung Cara Merawat Kulit Berjerawat? 5 Cara Ini Wajib Dicoba!

Gunakan minyak rosehip

Perlu Beauty ketahui kalau minyak rosehip dapat bekerja dengan sangat baik untuk kulit. Menenangkan, menyejukkan, dan memperbaiki kulit yang rusak. Kalau kulit wajah merasa terbakar akibat paparan sinar matahari langsung coba deh gunakan minyak rosehip untuk menenangkannya!

Gunakan pembersih wajah dari dokter kulit

Beauty cara lain yang bisa kamu lakukan ialah kosul sama dokter kulit. Bicaralah mengenai perawatan seperti Intense Pulsed Light (IPL) dan mikrodermabarsi yang bisa sangat efektif mungurangi bekas luka dan kerutan lebih banyak daripada perawatan rumahan.

Semoga bermanfaat!

Ada jutaan anak yang terkendala belajar online karena keterbatasan akses internet. Ada banyak tenaga medis yang tidak dibekali APD lengkap. Mari kita sama-sama sukseskan kampanye #AmanDiRumah untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Donasi Anda akan disalurkan untuk membantu pengadaan APD dan fasilitas pendidikan online anak-anak Indonesia. Informasi soal donasi klik di sini.