Menu

Catat Moms! 7 Asupan Pengganti ASI untuk Si Kecil yang Disapih, Penuhi Nutrisi Anak Lewat Makan-makanan Ini

02 Agustus 2023 14:00 WIB
Catat Moms! 7 Asupan Pengganti ASI untuk Si Kecil yang Disapih, Penuhi Nutrisi Anak Lewat Makan-makanan Ini

Bayi meminum susu. (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Fase menyapihi merupakan waktu yang tepat untuk Moms memberikan makanan padat pengganti ASI pada si Kecil.  Umumnya, disarankan si Kecil sudah mulai disapih antara usia 4 hingga 6 bulan. Tapi, kalau bayi terlahir secara prematur atau sebelum waktunya harus diberi ASI sampai ia berusia 6 bulan.

Saat fase menyapih inilah, penting banget buat kamu memerhatikan asupan yang tepat pada si Kecil. Karena masa transisinya, terkadang butuh waktu yang cukup untuk perut si Kecil mau menerima makanan padat.

Nah, kira-kira apa aja ya makanan padat pengganti ASI yang tepat selama menyapih ini? Melansir dari MomJunction, berikut HerStory rangkum tujuh di antaranya:

Buah-buahan

Memberikan si Kecil buah-buahan adalah cara yang tepat pada masa menyapihnya ini. Dalam buah terkandung banyak nutrisi penting yang dibutuhkan olehnya setelah lepas dari ASI.

Apalagi, kadar gula alaminya yang manis itu membuat si Kecil menyukai buah-buahan. Kamu bisa memberinya Apel, Pir, Mangga, Pisang, dan jenis buah manis lainnya.

Jus

Jus buah juga menjadi salah satu pilihan alternatif sebagai pengganti ASI yang baik. Tapi Bunda, kamu perlu menghindari jus buah dalam kemasan karena mengandung zat penyedap buatan dan bahan tambahan kimia serta pengawet lainnya yang berbahaya bagi si Kecil.

Sayuran

Bisa dibilang, ini menu yang harus ada saat menyapih si Kecil. Pilih sayuran organik yang terbebas sari bahan kimia dan pestisida ya!

Sup

Kamu juga bisa mengolah beberapa jenis sayuran ke dalam Sup. Sup sayur bening menjadi hidangan pelengkap untuk si Kecil. Banyaknya kandungan air dalam Sup, membuat si Kecil tetap terhidrasi dan juga nutrisi yang terpenuhi.

Baca Juga: Segudang Manfaat Air Tajin yang Sering Disalahgunakan Jadi Pengganti ASI, Moms Sudah Tahu Belum?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.