Menu

Jadi Penyakit Mematikan dan Menakutkan, Simak 8 Langkah Efektif untuk Cegah Penyakit Kanker Payudara!

08 Agustus 2023 13:45 WIB
Jadi Penyakit Mematikan dan Menakutkan, Simak 8 Langkah Efektif untuk Cegah Penyakit Kanker Payudara!

Ilustrasi pasien kanker (Shutterstock/Edited By HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, kanker payudara menjadi kanker yang paling menakutkan bagi kaum hawa, meski ada beberapa pria yang juga mengalaminya.

Sayangnya, masih sedikit yang abai akan bahaya kanker payudara. Padahal kanker payudara termasuk penyakit serius yang harus kita waspadai.

Penyebab penyakit kanker bisa berasal dari faktor keturunan, gaya hidup tak sehat, dan faktor lingkungan sekitar. Menurut Kementerian Kesehatan, di Indonesia pada tahun 2020 tercatat ada 234.511 kematian karena kanker.

Jenis kanker yang paling banyak diidap wanita adalah kanker payudara dan kanker leher rahim atau serviks. Sedangkan jenis kanker yang paling banyak diidap pria adalah kanker paru dan kanker kolorektal atau usus besar.

Untuk mengurangi angka kematian karena kanker, tolong perhatikan beberapa cara untuk mencegah kanker yang perlu kamu lakukan:

1. Jaga Pola Makan Sehat Setiap Hari

Menjaga pola makan bergizi lengkap dan seimbang perlu dilakukan setiap hari untuk menurunkan risiko penyakit kanker dan penyakit kronis lainnya.

Seperti meningkatkan asupan serat alami dari buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian seperti nasi merah setiap hari.

Sebisa mugkin, batasi konsumsi daging merah dan makanan tinggi lemak jenuh seperti gorengan, keju, susu full cream, jeroan, dan asupan tinggi gula.

2. Hindari Rokok

Hindari kebiasaan mengonsumsi tembakau seperti merokok atau terpapar asap rokok dari orang lain. Paparan asap rokok baik aktif maupun pasif sama-sama dapat meningkatkan risiko penyakit kanker.

Bagi wanita khususnya, paparan rokok rentan meningkatkan risiko kanker payudara.

3. Batasi Asupan Alkohol

Asupan alkohol berlebihan dapat meningkatkan risiko kanker mulut, kanker laring, kanker kerongkongan, kanker hati, dan kanker kolorektal atau usus besar. Jika angka doyan mengonsumsi alkohol, batasi konsumsinya jangan lebih dari satu gelas setiap hari.

4. Hindari Paparan Radiasi

Paparan radiasi bisa berasal dari rumah, sinar ultraviolet dari cahaya matahari, dan sebagainya. Lindungi diri dari radiasi ultraviolet pada siang hari. Hal itu dapat meningkatkan risiko melanoma dan kanker kulit.

Jangan berlebihan terhadap radiasi dari radio atau ponsel. Keduanya berasal dari gelombang mikro.

Lindungi tubuh dari zat karsinogen, hal ini karena beberapa zat diketahui bersifat karsinogen atau dapat meningkatkan risiko kanker. Di antaranya pestisida, serat asbes, benzena, amina aromatik, bifenil poliklorinasi (PCB), BPA, dan pengawet.

Paparan zat karsinogen tersebut bisa berasal dari asupan, wadah tempat makan, pekerjaan berisiko tinggi, atau tempat tinggal yang tercemar racun industri penyebab kanker.

5. Jaga Berat Badan agar Tetap Ideal

Kelebihan bobot tubuh dan obesitas dapat meningkatkan risiko berbagai jenis kanker. Untuk menjaga bobot tubuh tetap ideal, usahakan menghitung asupan kalori harian.

Bila perlu, buat rancangan pola makan dan olahraga yang pas agar asupan kalori yang masuk dan terbakar tetap terjaga.

Rajin olahraga dan aktif bergerak Kurang bergerak dapat meningkatkan risiko penyakit diabetes tipe 2, jantung, sampai kanker.

Aktivitas fisik yang minim dapat mengingkatkan risiko kanker usus besar. Olahraga juga dapat menurunkan risiko kanker payudara dan kanker ovarium pada wanita.

Tak hanya menurunkan berbagai risiko penyakit berbahaya, olahraga teratur dapat melindungi sistem daya tahan tubuh.

dua cara lainnya ada di halaman berikut ini!

Baca Juga: Rekomendasi 6 Makanan Sehat yang Bisa Turunkan Risiko Kanker, Ada Apel Beauty!

Baca Juga: Obat Kanker Ternyata Murah Meriah?! Ini 3 Khasiat Ajaib Tahu untuk Kesehatan Tubuh, Bisa BIkin Panjang Umur Lho Moms!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Halaman:

Artikel Pilihan