Menu

4 Jus yang Ampuh Redakan Gejala Maag, Perut Perih dan Mual Auto Kabur!

09 Agustus 2023 12:30 WIB
4 Jus yang Ampuh Redakan Gejala Maag, Perut Perih dan Mual Auto Kabur!

Jus sayuran dengan perasan Lemon (Unsplash/Jan Sedviy)

HerStory, Jakarta —

Hampir semua orang pernah mengalami sakit maag, rasa sakit di bagian perut. Maag adalah penyakit yang juga disebut sebagai tukak lambung.

Kondisi ini identik dengan gejala rasa tidak nyaman pada perut, seperti perut terasa begah, keinginan untuk muntah, dan sesak di bagian dada.

Untuk meredakan sakit akibat maag, caranya gak melulu minum obat, lho. Kamu bisa mengonsumsi jus atau minuman dari buah segar yang dipercaya bisa membantu meredakan gejala maag.

Namun, apakah semua buah berkhasiat meredakan rasa perih akibat maag? Daripada penasaran, ini dia beberapa jus yang bisa kamu minum saat maag kumat.

1. Jus Wortel

Khasiat yang tinggi pada jus wortel sangat baik untuk penderita maag atau asam lambung yang sedang naik.

Selain banyak mengandung vitamin A, jus wortel juga banyak sekali komponen alkali alami yang berkhasiat untuk menetralkan asam lambung berlebihan. Manfaatnya pun bisa meredakan gejala mulas dan mual yang tak terkendali.

Wortel dikenal bisa membantu meredakan gejala penyakit GERD, yang mirip dengan tukak lambung.

Ciri-ciri asam lambung naik paling umum adalah heartburn alias rasa panas di dada. Sensasi panas atau terbakar ini terjadi pada dada bagian tengah, bahkan bisa menyebar dari perut hingga ke leher atau punggung. Selain panas, ada juga sensasi seperti ditusuk-tusuk jarum.

Sakit maag terjadi ketika lapisan perut mengalami luka dan kondisi ini bisa diperburuk dengan asam lambung.

Jadi, bisa dibilang penyebab utamanya bukanlah asam lambung, kondisi berbeda dengan penyakit asam lambung yang memang disebabkan karena asam lambung itu sendiri.

2. Jus Melon

Melansir Netmeds, jus buah untuk asam lambung naik yang juga bisa dijadikan pilihan adalah melon. Buah melon pada umumnya mengandung pH 6,1.

Maka dari itu, melon cocok untuk meredakan refluks asam di saluran pencernaan. Selain itu, buah ini juga mengandung magnesium yang membantu menetralkan sekresi asam di perut.

Rasanya yang manis dan tinggi serat juga baik untuk melancarkan buang air besar (BAB).

3. Kubis

Kubis mengandung sekitar 1 gram serat untuk setiap 10 kalori kandungan gizinya. Mengonsumsi kubis bisa memberikan sensasi kenyang lebih lama dan menjadi bekal energi.

Manfaat kubis selain itu, juga bisa meredakan asam lambung, yaitu bisa menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan mengontrol gula darah.

Jus terakhir ada di halaman selanjutnya ya Beauty!

Baca Juga: Asam Lambung Auto Minggat dengan 4 Bahan Alami Ini, Nomor 2 Khasiatnya Paling Nampol Beauty!

Baca Juga: Bukan Cuma karena Asam Lambung Berlebihan, Maag Juga Bisa Disebabkan oleh 4 Faktor Lainnya, Tiati ya Beauty!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.