Menu

Duh, Masa Iya Ibu Hamil Gak Boleh Makan Nanas? Mitos atau Fakta Ya?

18 Februari 2021 08:25 WIB
Duh, Masa Iya Ibu Hamil Gak Boleh Makan Nanas? Mitos atau Fakta Ya?

Buah Nanas. (Unsplash/Pineapple Supply Co.)

HerStory, Jakarta —

Moms, mitos atau fakta ya kalau nanas bisa menyebabkan keguguran?

Di kalangan masyarakat pasti Moms sudah gak asing lagi mengenai nanas yang bisa membuat keguguran. Sehingga banyak orang yang melarang ibu hamil agar gak mengonsumsinya.

Sebenarnya gak ada ilmiah atau penelitian yang menyebutkan nanas berbahaya bagi ibu hamil bahkan menyebabkan keguguran. Namun nanas mengandung enzim bromelain yang gak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Dilansir dari berbagai sumber (18/02/2021), berikut fakta-fakta mengenai buah nanas

Mengandung Enzim Bromelain

Nanas memang mengandung enzim bromelain yang gak dianjurkan dikonsumsi oleh ibu hamil. Namun kandungan enzim bromelain didalam nanas sangatlah kecil. Jadi, bagi Moms yang ingin mengonsumsi nanas ketika hamil masih diperbolehkan namun dalam batas yang wajar. Jangan berlebihan ya!

Kandungan bromelain dalam satu nanas sangat lah kecil. Tetapi jika ibu hamil memakan 7 – 10 buah nanas segar sekaligus baru akan menimbulkan efek sampingnya. Kandungan bromelin yang berlebihan dapat memecah protein dalam tubuh sehingga dapat mengakibatkan pendarahan abnormal.

Baca Juga: Pentingnya Menjaga Kesehatan Selama Kehamilan, Ini 4 Rekomendasi Suplemen untuk Ibu Hamil, Apa Saja?

Baca Juga: Gak Cuma Lezat, Manfaat Buah Nanas Bisa Bikin Wanita Ketagihan, Sudah Tahu Moms?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.