Menu

5 Rekomendasi Makanan untuk Penderita GERD Biar Gak Gampang Kambuh, Jangan Disepelekan Kalau Gak Mau Menyesal Moms!

11 Agustus 2023 17:00 WIB
5 Rekomendasi Makanan untuk Penderita GERD Biar Gak Gampang Kambuh, Jangan Disepelekan Kalau Gak Mau Menyesal Moms!

Brokoli (Unsplash/Louis Hansel)

HerStory, Jakarta —

Moms, Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) atau penyakit asam lambung disebabkan oleh melemahnya katup atau sfingter yang terletak di kerongkongan bagian bawah. Seseorang yang mengidap penyakit ini tidak bisa sembarangan mengonsumsi makanan.

Sebab, ada beberapa makanan yang bisa memicu penyakit ini kambuh. Nah, berikut ini beberapa makanan yang aman dikonsumsi oleh penderita asam lambung seperti yang telah HerStory rangkum dari berbagai sumber, Jumat (11/8/2023).

1. Sayur dan buah

Pertama, pilihlah makanan yang tidak terlalu asam agar tidak memicu naiknya asam lambung. Pilihlah buah-buahan, seperti pisang, melon, apel, dan pir. Hindari buah yang terlalu asam atau citrus karena bisa memicu produksi asam lambung.

Begitu pun dengan sayuran Moms. Pilihlah sayuran dengan rendah lemak dan gula. Kamu bisa memilih brokoli, asparagus, kembang kol,  sayuran hijau, kentang, dan mentimun.

2. Oatmeal

Oatmeal adalah karbohidrat kompleks atau makanan tinggi serat yang baik. Makanan ini bisa jadi pilihan pengganti nasi dalam menu diet untuk penderita GERD. Pada penderita GERD, makanan tinggi serat mampu meningkatkan motilitas esofagus atau pergerakan kerongkongan saat membawa makanan dari mulut ke lambung.

Baca Juga: Tiati Beauty, Ini Deretan Faktor yang Bisa Menyebabkan GERD, Salah Satunya Anxiety!

Baca Juga: Tiati yang Suka Nyeri Perut Setelah Makan, Bisa Jadi Tanda GERD Beauty, Yuk Simak Cara Mengatasinya

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Sri Handari

Artikel Pilihan