Selain masa kehamilan, proses melahirkan buah hati tercinta ke dunia pun menjadi momen berharga yang pastinya tak akan dilupakan oleh para ibu. Setelah kelahiran si kecil, biasanya segala prioritas oang tua akan beralih kepadanya, sehingga tak jarang para ibu mengabaikan kondisi tubuhnya. 

Eits, hal itu nggak baik lho moms untuk dilakukan. Ketika kamu mengabaikan kondisi tubuh, maka pemulihan pasca persalinan pun akan menghabiskan waktu lebih lama yang tentunya dapat menghambat proses adaptasi kamu dengan kehidupan yang baru. 

Nah, agar hal tersebut tak terjadi, ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk mempercepat masa pemulihan pasca persalinan. Untuk mengetahuinya, yuk simak informasi berikut ini! 

Konsumsi buah dan sayuran 

Merasakan nyeri untuk buang air besar pasca persalinan adalah hal yang normal. Oleh sebab itu, moms harus memperbanyak serat dengan cara mengonsumsi buah dan sayur. Selain itu hindari untuk menahan buang air besar ya, karena hal tersebut dapat membuat kotoran menumpuk di dalam tubuh dan membuat feses menjadi lebih keras. 

Pijat setelah melahirkan

Meluangkan waktu untuk memijat pasca persalinan dapat membantu kamu untuk mempercepat pemulihan lho moms. Pijatan lembut di area perut dapat membantu untuk penyusutan rahim. Pastikan kamu melakukan pijat dengan ahlinya ya. 

Baca Juga: Sering Alami Kram Perut Setelah Melahirkan? Coba Atasi dengan Cara Ini, Moms!