Menu

6 Kebiasaan Baik untuk Menjaga Kesehatan Mental, Cuss Langsung Lakukan!

16 Agustus 2023 18:40 WIB
6 Kebiasaan Baik untuk Menjaga Kesehatan Mental, Cuss Langsung Lakukan!

Seorang wanita bertopi yang sedang tertawa (Unsplash/Brooke Cagle)

HerStory, Bekasi —

Ada banyak cara untuk menghilangkan stres yang unik dan cukup sederhana. Kita semua tahu, stres yang berlebihan sangat tidak baik untuk seseorang dan bisa berdampak pada kondisi kesehatan mental.

Untuk itu, penting mengetahui enam kebiasaan baik untuk menjaga kesehatan mental. Dilansir dari laman HealthShots, berikut kebiasaan baik yang bisa menjaga kesehatan mental. Apa saja?

1. Tingkatkan Kesejahteraan Batin

Salah satu cara untuk meningkatkan kesehatan mental adalah dengan meningkatkan kesejahteraan batin. Cara membangun kesejahteraan bisa dimulai dari bangun pagi dan berjalan kaki. Ini sangat bermanfaat untuk kedamaian mental.

2. Lakukan Olahraga Lari

Olahraga lari disebut memiliki nilai terapeutik yang tinggi. Berlari dapat membantu melepaskan pikiran emosi negatif yang tertekan. Selain itu, berlari juga dapat melatih pikiran untuk tetap fokus, serta membantu menjernihkan kondisi mental.

3. Lakukan Teknik Pernapasan

Untuk meningkatkan kesehatan mental dimulai dengan melakukan teknik pernapasan. Sebab, ini dapat membantu kamu untuk melatih fokus dalam pikiran. Selain itu, teknik ini disebut dapat mengurangi stres, mengurangi rasa sakit, serta membantu memperbaiki postur tubuh.

4. Luangkan Waktu untuk Tidak Melakukan Apapun

Meski terdengar aneh, namun meluangkan waktu untuk tidak melakukan apapun justru bisa meningkatkan kesejahteraan batin. Misalnya tidak menonton film, tidak menelepon teman, tidak memaksa membaca buku, atau lainnya. Teknik ini dibuat untuk mengenal bagaimana kamu bisa mengetahui diri dan mencintai diri sendiri.

5. Nyalakan Indera

Dapatkan inspirasi dan ekspos diri kamu pada hal-hal baru, salah satunya dengan memiliki nyali untuk keluar dari zona nyaman. Ini semua bergantung pada indera. Dengan menyalakan indera, tentu kamu akan lebih menghargai keindahan, keragaman, serta menikmati hidup yang jauh lebih positif.

6. Meditasi

Meditasi mungkin sulit untuk dilakukan, tetapi kamu bisa lakukan ini di tempat yang hening. Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari teknik tersebut, salah satunya bisa mengelola stres, mengatasi gangguan kecemasan dan depresi, mengendalikan emosi, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga: Berikan 40.000 Sesi Konseling Gratis , Maybelline Brave Together Spill Masalah Mental yang Sering Dialami Gen-Z dan Milenial

Baca Juga: 6 Manfaat Baking Therapy, Aktivitas Membuat Kue yang Ampuh Atasi Stres dan Cemas, Beauty Tertarik?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Konten Sindikasi: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Oleh: Cherryn Lagustya