Menu

7 Sumber Karbohidrat dan Cara Mengolahnya untuk MPASI Si Kecil, Nomor 4 Banyak Disukai si Kecil!

16 Agustus 2023 13:50 WIB
7 Sumber Karbohidrat dan Cara Mengolahnya untuk MPASI Si Kecil, Nomor 4 Banyak Disukai si Kecil!

Ilustrasi ibu sedang beri makan MPASI untuk anak (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Ketika anak mulai MPASI, Moms harus memenuhi kebutuhan gizi hariannya termasuk karbohidrat. Perlu diketahui sebelumnya, karbohidrat merupakan sumber energi dan kalori utama yang ada dalam MPASI si kecil.

Berbeda dengan orang dewasa yang banyak membutuhkan serat, bayi justru lebih banyak membutuhkan karbohidrat untuk energinya.

Bukan cuma nasi putih, banyak sekali sumber karbohidrat yang bisa Moms gunakan untuk MPASI si kecil, mulai dari beras merah, kentang, jagung, ubi, gandum, dan serealia.

Mengutip dari Buku Pintar MPASI A-Z MPASI Mudah dan Murah yang ditulis oleh Yusi Riwayatul Afsah, S.Jep., Ns., MNS, inilah cara mengolah sumber karbohidrat untuk MPASI si kecil,

1. Tepung

Cara mengolah tepung bisa dimasak sampai matang, lalu tambahkan susu formula atau ASI hingga teksturnya menjadi bubur.

2. Umbi-umbian

Bukan cuma ubi jalar, kentang dan labu kuning juga termasuk umbi-umbian.

Moms bisa mengolahnya dengan cara dikukus, lalu dihaluskan, kemudian tambahkan susu dan parutan keju.

3. Roti

Moms bisa mengolahnya dengan dicampur roti atau diblender agar teksturnya jadi halus

4. Makaroni

Moms bisa menggunakan makaroni untuk MPASI dengan cara merebusnya sampai halus, nah makaroni ini bisa diberikan pada anak 9 bulan.

makanan lainnya ada di halaman berikut ya!

Baca Juga: Cocok untuk Si Kecil, Ini Resep MPASI dari Oatmeal yang Yummy dan Sehat Abis! Moms Catat Ya!

Baca Juga: Rugi Kalau Dilewatkan! Ini 3 Manfaat Kacang Merah untuk Bayi sebagai Menu MPASI, Moms Wajib Tahu!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan