Menu

Mengandung Purin, Bolehkan Penderita Asam Urat Konsumsi Pete? Simak Penjelasan Dokter Beauty!

18 Agustus 2023 09:15 WIB
Mengandung Purin, Bolehkan Penderita Asam Urat Konsumsi Pete? Simak Penjelasan Dokter Beauty!

Petai atau pete. (Shuttertock/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Seseorang yang menderita asam urat itu berarti kadar asam urat di dalam darahnya sudah melebihi dari kadar normal akhirnya menumpuk menyebabkan peradangan pada sendi.

Hal itu lah yang pada akhirnya memunculkan gejala kaki yang terasa kaku saat digerakan, sendi bengkak, hingga kemerahan.

Namun, selain karena asam urat yang tinggi, nyeri pada kaki bisa disebabkan oleh hal lain, seperti apa yang disampaikan oleh dr. Nadia Nurotul Fuadah di laman Alodokter,

"Mungkin juga nyeri  muncul karena pencetus lain, misalnya rheumatoid arthritis, neuropati perifer, tendonitis, infeksi virus atau bakteri, clavus, retak atau patah tulang, penyakit arteri perifer, dan banyak lagi kemungkinan yang lain," tutur dr. Nadia.

Balik lagi pada masalah asam urat, penderitanya sebisa mungkin untuk menghindari makanan yang tinggi purin, apakah salah satunya pete?

Menurut dr. Nadia, pete merupakan salah satu makanan yang mengandung purin sehingga berisiko untuk meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh.

Namun, menurut penjelasan dr. Nadia, kandungan purin dalam petai tak sebanyak dalam makanan seperti jeroan, dan minuman tinggi pemanis fruktosa.

Baca Juga: Tips Simpan Pete agar Tetap Segar dan Crunchy, Hmmm Dijamin Rasanya Gak Akan Berubah!

Baca Juga: Tiati Beauty, Berat Badan Berlebihan Bisa Sebabkan Asam Urat, Yuk Simak Penyebab Lainnya!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.