Menu

Perbedaan Gejala Nyeri Ulu Hati karena Asam Lambung dan Penyakit Jantung, Cek Yuk Beauty!

18 Agustus 2023 13:55 WIB
Perbedaan Gejala Nyeri Ulu Hati karena Asam Lambung dan Penyakit Jantung, Cek Yuk Beauty!

Ilustrasi nyeri ulu hati. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Beauty, nyeri ulu hati merupakan rasa nyeri atau rasa tidak nyaman yang timbul di bagian atas perut. Kondisi ini biasa terjadi ketika seseorang mengalami penyakit asam lambung.

Lantas, apakah semua rasa nyeri ulu hati disebabkan oleh penyakit asam lambung?

"Belum tentu, kebanyakan nyeri ulu hati memang disebabkan oleh penyakit asam lambung, tapi gak menutup kemungkinan jika rasa nyeri itu disebabkan penyakit lain, seperti penyakit jantung," jelas dr. Dedy Lizal, Sp.JP, FIHA Dokter Spesials Jantung dan Pembuluh Darah Eka Hospital Bekasi dalam siaran persnya, Jumat (18/8/2023).

Ada beberapa gejala yang bisa dirasakan ketika mengidap penyakit asam lambung maupun jantung. Keduanya memiliki kemiripan gejala, yaitu sama-sama bisa menyebabkan nyeri ulu hati.

Dijelaskan oleh dr. Dedy, ada beberapa cara untuk membedakan nyeri ulu hati karena asam lambung dan sakit jantung, antara lain:

Nyeri ulu hati karena penyakit asam lambung

Penyakit asam lambung merupakan penyebab dari nyeri ulu hati yang paling umum, jadi tak heran jika Beauty pernah mengalaminya. Nyeri ulu hati yang disebabkan oleh penyakit asam lambung biasanya terasa panas seperti terbakar dan bisa diikuti dengan gejala lainnya, seperti:

  • Perut terasa kembung
  • Bau mulut
  • Mual & muntah
  • Mulut hingga tenggorokan terasa asam
  • Sering bersendawa

"Rasa nyeri ini biasanya bisa diredakan dengan minum obat maag atau lambung," jelas dr. Dedy.

Kondisi tersebut bisa mereda seiring waktu dan menjaga pola makan, tapi tak menutup kemungkinan penyakit asam lambung yang Beauty idap bisa memburuk jika tak ditangani dengan benar.

Nyeri ulu hati karena penyakit jantung

"Nyeri ulu hati karena penyakit jantung biasanya terjadi akibat penyumbatan pada pembuluh darah jantung (koroner) sehingga membutuhkan penanganan yang cepat," sambung dr. Dedy.

Rasa nyeri ulu hati yang disebabkan oleh penyakit jantung biasanya berupa sensasi panas/ ditekan/ ditindih benda berat/ diremas, dan dapat menjalar ke dada, bahu, lengan, punggung, leher, dan rahang.

Pada kondisi stabil, keluhan tersebut biasanya muncul saat beraktivitas dan mereda setelah istirahat. Namun, pada kondisi yang tidak stabil (serangan jantung), keluhan tersebut dapat dirasakan saat kondisi istirahat.

Nyeri ulu hati akibat penyakit jantung dapat diikuti dengan beberapa gejala lainnya, seperti:

  • Keringat dingin
  • Mual dan muntah
  • Sesak nafas
  • Berdebar
  • Pingsan

informasi tentang pertolongan nyeri ulu hati ada di halaman berikut!

Baca Juga: Aturan Makan untuk Kamu yang Sering Nyeri Ulu Hati, Nomor 1 Penting Banget!

Baca Juga: Duh, Ternyata Gaya Hidup Tak Sehat Bisa Tingkatkan Risiko Penyakit Jantung, Dokter Spill Penyebabnya Nih!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan